Ganjar Creasi Gelar Kontes Burung dan Rangkul Kicau Mania Sidoarjo

Politik16 Dilihat

SIDOARJO, seputarjatim.com- Lomba kicau burung (gantangan) yang diadakan sukarelawan Ganjar Creasi (Gcreasi) disambut meriah oleh puluhan kicau mania dari berbagai daerah di Kabupaten Sidoarjo.

Ajang kompetisi burung itu berlangsung di wilayah Kelurahan Keboan Sikep, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (8/7/23) sore.

Perlombaan ini dibagi ke dalam tiga kelas dengan jenis burung yang berbeda, yakni cucak hijau, murai batu, dan kacer.

Koordinator Gcreasi, Suryo Adi Prakoso mengatakan sejumlah burung yang mengikuti kompetisi itu bakal dinilai oleh lima orang juri. Adapun, instrumen penilaiannya meliputi kemerduan suara, volume, dan lagu.

“Jadi gini, kalau kami dari Gcreasi mewadahi para kicau mania untuk menyalurkan hobinya supaya ke arah yang baik, bagaimana lomba itu yang baik, bagaimana penilaian itu yang baik, terus sportivitas otomatis ketika lomba,” ucap Suryo di lokasi.

Baca Juga :  Harkopnas Ke-75, Bupati Sumenep Terima Penghargaan
IMG 20230708 WA0051
Foto Istimewa

Suryo mengaku gantangan ini sebagai ajang menjalin silaturahmi, sekaligus mendukung para kicau mania atau pencinta burung menyalurkan hobinya.

Terlebih, menurut dia Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah dengan pencinta burung berkicau yang cukup banyak.

Banyak penghobi burung yang gemar melatih peliharaannya itu ke sejumlah gantangan di wilayah lainnya.

“Kalau ini, startnya sore tetapi peserta membludak, semua kelas (diisi) hampir 15 lebih orang, itu suatu prestasi untuk kelas di sore hari perlombaan burung,” jelas dia.

Baca Juga :  Menerka Makna Batik yang 2 Kali Dipakai Jokowi di Acara PDIP

Suryo menyebut pemenang dalam gantangan ini bakal mendapatakan hadiah serta sertifikat. Tak hanya itu, para peserta juga diberikan modal pembinaan untuk burung mereka.

Dia berharap acara ini dapat memotivasi para kicau mania untuk lebih aktif melatih dan merawat burung nya sehingga mampu menjuarai kompetisi-kompetisi berikutnya.

Sebagai informasi, Gcreasi merupakan angkatan muda alumni tiga kampus tersohor di Jatim, yakni Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair).

Mereka sepakat mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden pada kontestasi Pilpres 2024. (red)

Komentar