Semarak Hari Santri 2023, Rayakan Keberagaman dengan Sarung Nusantara

Pemerintahan49 Dilihat

Surabaya, Seputarjatim.com – Keragaman Indonesia yang semarak akan ditampilkan melalui Peragaan Sarung Santri Nusantara. Acara ini akan mempersembahkan busana sarung yang selama ini identik dengan busana santri dalam gaya yang berbeda. Peragaan Sarung Nusantara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Santri 2023 yang diselenggarakan Kementerian Agama bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dan PBNU.

“Hari Santri adalah momen penting yang menyoroti peran santri dalam memelihara dan mewariskan nilai-nilai agama, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. Dengan semangat yang tulus, para santri dapat menjadi penjaga tradisi sekaligus pembangun Indonesia modern,” kata Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur saat konferensi pers terkait perayaan Hari Santri 2023 di Surabaya, Jumat (20/10/2023).

Hadir juga Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Jawa Timur.

Peragaan Sarung Santri Nusantara akan berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Acara berlangsung pada 21 Oktober 2023 dan dijadwalkan dimulai pada sekitar pukul 19.00 WIB. Pagelaran ini akan menjadi sorotan utama dengan penampilan Raka Raki dan Cak Ning, yang mengenakan corak dan model sarung beraneka ragam dari seluruh penjuru Indonesia di mana merupakan interpretasi modern dari pakaian tradisional.

Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie, menyambut baik diselenggarakannya acara ini. Menurutnya, Peragaan Sarung Santri Nusantara menjadi etalase keragaman bangsa yang dibalut dalam semangat persatuan dan kegembiraan.

“Ini merupakan kegiatan yang dapat menyatukan orang dari berbagai latar belakang dalam perayaan warisan bersama,” sambutnya.

Baca Juga :  Ribuan Warga Surabaya Gelar Shalat Istisqa

Selain peragaan sarung santri, acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai penampilan budaya, termasuk peragaan seni dan musik. Sejumlah seniman dijadwalkan hadir dan ikut mengisi acara, antara lain Tretan Muslim, Sosiawan Leak, dan Sastro Adi. Acara juga akan dimeriahkan dengan penampilan musik dari Armand Maulana.

“Peragaan Sarung Santri Nusantara akan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menyaksikan beragam tradisi yang berkembang di banyak daerah, tapi dalam satu kesempatan sekaligus,” jelas Anna Hasbie.

“Mari bergabung dengan kami di Peragaan Sarung Santri Nusantara untuk sama-sama menyaksikan keindahan keragaman budaya dan tradisi Indonesia. Terbuka untuk umum, masyarakat silakan hadir. Festival ini menawarkan pengalaman tak terlupakan,” tandasnya. (her/red)

Komentar