Lakukan Tes Urine, Plh Karutan Sumenep Pastikan WBP Negatif Narkoba

News, Peristiwa81 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Setelah menggelar Apel Siaga, Rutan Kelas IIB Sumenep langsung menggelar kegiatan Razia dan Penggeledahan Kamar Blok Hunian WBP serta melakukan tes urine bagi warga binaannya. Jumat (23-12-2022).

Giat tersebut untuk mencegah dan meminimalisir keberadaan benda/barang terlarang di dalam kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada di Rutan Sumenep.

Kegiatan tersebut juga dalam rangka mengimplementasikan peraturan menteri hukum dan HAM RI tahun 2015 dalam upaya melakukan kegiatan antisipasi dini .

“Berdasarkan hasil penggeledahan di Blok A Blok B dan Blok perempuan yang baru saja digelar bersama tim sinergitas, baik dari PM maupun dari Kodim 0827 Sumenep Alhamdulillah berjalan lancar, aman dan Kondusif dan tidak ada barang yang mencurigakan termasuk HP dan Narkoba. Bahkan semua warga binaan aman dari peredaran barang haram Narkotika setelah dilakukan test urin,” kata Teguh Doni Efendy, S.H., M.H. Plh Karutan Sumenep.

Baca Juga :  Puluhan Anggota Satlantas Polres Sumenep Amankan Jalannya Festival Jaran Serek

Teguh menegaskan dalam giat tersebut, pihaknya bersama tim gabungan tidak menemukan barang yang sangat fatal di dalam kamar hunian WBP.

Dirinya bersama tim hanya menemukan beberapa sendok, gelas serta kaleng dan itu semua sudah diamankan semua.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagiaan, MP3S Dan HNSI Bagikan Ratusan Takjil

“Kami sudah memberikan himbauan di pos penjagaan kepada keluarga warga binaan saat pengiriman nasi maupun barang agar tidak mengirim sendok ataupun gelas dan kaleng karena sudah difasilitasi oleh kantin,” beber Teguh Doni

Terkait tes urine, teguh menyampaikan dari 379 WBK ada 6 orang yang dicurigai mengkonsumsi narkoba, namun pihaknya memastikan setelah dilakukan test urine 6 orang tersebut negatif.

“Alhamdulillah tidak satupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang positif psikotropika, semuanya negatif,” tandasnya. (Bs)

Komentar