Rafiqi, Pentingnya Peran Media Dalam Mensukseskan Pemilu 2024

News, Peristiwa, Politik425 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Rafiqi,S. Hi anggota KPU Sumenep Koordinator Divisi SDM dan Parmas menghadiri sekaligus menjadi narasumber dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif yang dilaksanakan oleh Bawaslu Sumenep bersama media dan oraganisasi kepemudaan. Senin (7-11-2022) pagi.

Dalam materinya Rafiqi,S. Hi menyampaikan bahwa “Media jadi Garda Depan Suksesnya Pemilu 2024”.

Menurut Rafiqi, saat ini di era serba digitalisasi peran media sebagai arus informasi publik sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Media memiliki peran penting dalam mensukseskan Pemilu 2024. Utamanya dalam rangka mensosialisasikan maupun pengawasan di Pemilu 2024,”ucapnya.

Baca Juga :  Warga Giligenting-Giliraja Tuntut CSR PT OMEC

Lanjut Tanzil, sapaan akrab Rafiqi, Dalam spirit implementasi pasal 17 UU No 40 tahun 1999 Tentang Pers, Dewan Pers tetap mengingatkan dan menggugah peran serta masyarakat dalam mengawal kemerdekaan pers, khususnya kualitas pers dalam Pemilihan 2024.

Menurutnya kualitas pemberitaan media pers sangat berpengaruh terhadap kualitas pilihan masyarakat. Pers tidak hanya dituntut secara cerdas akan etapi harus bijaksana dalam penyajian isu terkait Pemilu agar tidak menjadi provokasi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Cegah Corona, Relawan YES Bagikan Masker Kepada Jamaah Tarawih

“Menyajikan berita pemilu bukanlah seperti mengesankan pertarungan hidup dan mati para pasangan calon. Media Pers juga harus hati-hati dalam mengambil sumber berita dari media non pers, misalnya media sosial dan media komunitas. Viral media sosial tidak boleh serta merta jadi sumber berita karena prinsipnya berita tetaplah berita, yang butuh proses verifikasi, fakta dan data yang bisa dipertanggung jawabkan. Pers haru menjadi pemersatu bangsa dalam Pemilihan serentak 2024,” tuturnya. (Bam)

Komentar