oleh

4 Gunung di Jawa Timur Favorit Para Pendaki

Seputarjatim.com– Jawa Timur merupakan surganya gunung. Tercatat ada kurang lebih 25 gunung yang bisa dikunjungi dan bisa dijadikan track pendakian. Mendaki memang menjadi kegiatan yang paling diminati kawula muda. Mendaki memberi pengalaman menakjubkan, seperti menikmati pemandangan di puncak gunung. Selain itu, mendaki gunung juga menjadi latihan fisik dan mental.

Untuk pendaki pemula hendaknya mempunyai cukup ilmu mengenai peralatan safety yang perlu di bawa. Mereka juga harus mampu membaca medan gunung yang akan didaki.

Dan, inilah rekomendasi 4 gunung di Jawa Timur yang menarik untuk di kunjungi:

1. Gunung Bromo


Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan pegunungan yang memiliki lautan pasir dan keindahan kawah. Pendaki bisa menikmati matahari terbit layaknya negri diatas awan. Lokasi Gunung Bromo berada di empat Kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang.

2. Gunung Merapi


Gunung Merapi yang terletak pada perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso ini merupakan gunung yang berada pada kawasan pengunungan ijen. Gunung Merapi memiliki nama yang sama dengan gunung yang berada di Jawa Tengah, hanya saja ketinggian gunung dan medan pendakiannya yang berbeda.

3. Gunung Ijen


Gunung Ijen merupakan salah satu gunung yang cukup banyak peminatnya. Disini pendaki dapat menikmati fenomena Blue Fire hingga Sunrise Point. Suhu area Kawah ijen cukup ekstrim. Oleh karena itu, pendaki perlu membawa masker dan mantel.

4. Gunung Argopuro


Mendaki Gunung Argopuro memberikan kesan memukau. Pendaki akan menjumpai keindahan alam, dan ragam tanaman pertanian yang menghampar. Oleh karena itu, tak jarang pendaki akan berpapasan dengan warga yang membawa hasil kebunnya. Daya tarik lain dari Gunung Argopuro yaitu keberadaan danau taman hidup yang merupakan danau yang sangat indah.

Inilah rekomendasi 4 gunung di Jawa Timur yang wajib anda kunjungi. Namun jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan sebelum memulai pendakian. Antara lain sepatu gunung, pakaian, makanan, tenda, senter, dan matras.(far/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *