Deklarator Projo Se-Pulau Jawa Deklarasikan Dukungan kepada Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024

Politik15 Dilihat

Seputarjatim.com, sumenep- Deklarator sukarelawan Pro Jokowi atau Projo dari berbagai provinsi di Pulau Jawa mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden 2024-2029 mendatang.

Mereka membuktikan dukungannya itu dengan melakukan deklarasi di Kota Malang, Sabtu (22/7/2023) untuk menyikapi ketidakjelasan arah dukungan organisasi Projo menghadapi Pemilihan Presiden 2024.

“(Deklarator) Projo melakukan ini karena Projo melihat bahwa ada ketimpangan, ada ketidakberesan daripada sementara teman-teman yang sekarang duduk di ormas DPP Projo,” kata Deklarator Projo Jawa Timur, Madchan HR.

Sejumlah deklarator yang hadir di antara seperti Agung Suryo dari Jawa Barat, Bambang Suprapto dari Jawa Tengah, Budianto Tarigan serta deklarator Projo lainnya dari DKI Jakarta.

Dalam wawancara bersama awak media seusai acara, Madchan mengatakan deklarasi kali ini akan diikuti langkah lainnya untuk menguatkan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

“Jadi, kami akan membentuk presidium deklarator relawan Pro Jokowi untuk mewadahi seluruh kegiatan teman-teman yang sekarang ini masih tercecer,” ujar Madchan menjelaskan.

Baca Juga :  Peduli Kesehatan Masyarakat, Kyai Muda Jawa Timur Gelar Terapi Akupuntur Gratis

Selain itu, dia dan para deklarator Projo yang hadir turut menyoroti sikap para elit Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Projo yang tidak jelas hingga saat ini sehingga menimbulkan kebingungan di tengah para sukarelawan Projo lainnya.

“Jadi, kami melihat bahwa DPP Projo ini masih belum menentukan sikap secara resmi. Tetapi, secara personal kadang-kadang itu membuat pernyataan yang sudah membingungkan dan memihak ke sana. Tetapi sikap resmi DPP Projo belum,” tutur Madchan.

Melalui kegiatan tersebut, para deklarator Projo berharap DPP Projo untuk segera menetapkan sikapnya sebelum terjadi kebingungan yang lebih jauh lagi.

Meskipun demikian, Madchan menegaskan sikap para deklarator Projo ini bukan untuk mengintervensi sikap resmi DPP Projo dalam pemilihan presiden selanjutnya.

“Oleh sebab itu, dengan adanya pernyataan kami, tindakan kami mudah-mudahan (membuat) mereka (DPP Projo) sadar. Tetapi, sadar atau tidak sadar kami sudah mengambil langkah,” katanya menegaskan.

Pernyataan sikap para deklarator Projo dibacakan oleh Madchan di akhir kegiatan tersebut. Adapun, pernyataan tersebut terdiri dari empat poin sebagai berikut:

Baca Juga :  Kiyai Muda Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Budi Daya Ikan Air Tawar di Kabupaten Tuban

“Kami, kader dan simpatisan PDI Perjuangan yang menjadi deklarator atau pendiri relawan pro jokowi menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Menyatakan deklarator atau pendiri relawan pro jokowi mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024-2029.

2. Menyatakan perbedaan pilihan politik antara deklarator atau pendiri relawan pro jokowi dengan DPP Ormas Projo adalah satu keniscayaan yang merupakan kebebasan berpolitik dalam demokrasi Indonesia.

3. Meminta kepada DPP Ormas Projo agar tidak mengintervensi atau memaksakan pilihan politik kepada seluruh relawan Pro Jokowi di tingkat akar rumput di mana pun terdapat potensi perbedaan pilihan politik dalam kontestasi pemilihan presiden 2024-2029 antara deklarator atau pendiri relawan Pro Jokowi dengan DPP Ormas Projo.

4. Menyerukan kepada seluruh relawan Pro Jokowi utamanya yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024-2029 agar merapatkan barisan dan pantang mundur serta menuntut pilihan politik lain selain Ganjar Pranowo. (her/red)

Komentar