Politik

Ganjar Creasi Ajak Warga Lamongan Budi Daya Maggot untuk Jadi Pupuk dan Pakan Ternak

59
×

Ganjar Creasi Ajak Warga Lamongan Budi Daya Maggot untuk Jadi Pupuk dan Pakan Ternak

Sebarkan artikel ini
IMG 20230909 WA0067
Foto Istimewa

Lamongan, seputarjatim.com- Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR Bersama Ganjar atau Ganjar Creasi (G-Creasi) kembali melanjutkan kegiatan bermanfaatnya untuk masyarakat Jawa Timur (Jatim).

Sabtu (9/9/2023), Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo ini mengadakan pelatihan pembudidayaan maggot di Desa Mendogo, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jatim.

Pelatihan yang diikuti puluhan petani dan peternak itu bertujuan untuk mengedukasi para peserta akan tingginya potensi maggot dalam dunia pertanian dan peternakan.

Koordinator Wilayah G-Creasi Jatim, Ilham Hasan menyebut, maggot bisa dijadikan pakan ternak serta kotorannya bisa dijadikan pupuk untuk tanaman.

“Jadi ketika kita memelihara maggot, siklusnya itu bisa berguna untuk apapun. Mudah memelihara, hasilnya pun bisa untuk pakan (ternak), pupuk, dan lain sebagainya,” kata Ilham.

Meski bentuknya yang menggelikan, budi daya maggot dijelaskan Ilham, memiliki banyak keuntungan. Bukan sekadar teknik pemeliharaan yang mudah, tapi juga memiliki potensi ekonomis.

Baca Juga :  Sambutan Hangat Iringi Halal bi Halal Ganjar Bersama Ribuan Ulama hingga Santri se-Jatim

“Kenapa kami memilih budidaya maggot, karena maggot itu budidayanya cukup mudah. Dengan bahan-bahan yang tersedia di lapangan, itu bisa kita budidaya maggot. Bahannya itu bisa dari kotoran hewan, dan kotoran dari maggot itu bisa dijadikan pupuk,” jelas Ilham.

Para peserta pun juga nampak antusias dan bersemangat mengikuti jalannya pelatihan. Ilham menyebut, hal itu terjadi karena budi daya maggot masih terbilang asing di antara mereka.

Lewat kegiatan ini, relawan beranggotakan para alumni mahasiswa tersebut berharap para petani dan peternak yang mengikuti pelatihan bisa mempraktikkan ilmu yang telah mereka dapat.

“Karena dengan modal yang cukup minim, masyarakat bisa memaksimalkan hasilnya,” sebutnya.

Baca Juga :  Gandeng Mekanik Andal, Ganjar Milenial Ajarkan Pemuda Cara Servis Motor Ringan

*Jadi Opsi untuk Solusi Mengurangi Jumlah Sampah*

Selain itu, Ilham melanjutkan, maggot juga merupakan pengurai sampah organik yang cukup baik. Sehingga bisa membantu mengurangi jumlah sampah yang ada saat ini.

“Kemudian untuk mengatasi permasalahan lingkungan juga, dari pada itu kotoran terbuang sia-sia, mending dijadikan bahan untuk budidaya maggot,” katanya.

Untuk diketahui, Sosok Ganjar Pranowo yang juga dikenal peduli pada isu lingkungan dan ketahanan pangan, rupanya menjadi inspirasi dari relawan G-Creasi untuk menggelar kegiatan kali ini.

“Beliau sangat concern dengan terhadap masalah pangan juga. Di sini kan hubungannya juga dengan pangan, ketika harga pakan (ternak) murah, harga pangan juga murah juga.” pungkasnya. (her/red)

Tinggalkan Balasan