Relawan Ganjar Milenial Gelar Lomba Musik Patrol untuk Lestarikan Kesenian Lokal

Politik131 Dilihat

JEMBER, seputarjatim.com – Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar kegiatan lomba musik Patrol di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim).

Koordinator Wilayah GMC Jawa Timur, Mahmud mengatakan kegiatan itu sebagai salah satu upaya untuk melestarikan seni budaya lokal yang berkembang di Jatim, khususnya di Jember.

“Kali ini kami mengadakan lomba dan apresiasi musik Patrol, agar menjaga budaya musik tradisional,” kata Mahmud seusai kegiatan di Warung Apresiasi, Kel. Karangrejo, Kec. Sumbersari, Kab. Jember, Jatim, Minggu (19/2/2023) malam.

IMG 20230220 WA0049
Foto Istimewa

Mahmud menjelaskan perlombaan ini diikuti oleh 21 tim. Dari 21 tim yang ikut perlombaan, terdapat empat tim yang dipilih sebagai juara. Setiap tim terdiri dari 10 orang yang memainkan alat musik patrol, termasuk vokalis.

Adapun juara dalam perlombaan ini adalah tim bernama New Okat sebagai Juara 1, tim Black List sebagai Juara 2, tim Putra Ambulu sebagai Juara 3, dan Juara Harapan diraih tim Black Style.

Baca Juga :  Kyai Muda Ganjar Dukung Pengembangan Usaha Pembuatan Pisau dan Arit di Tuban

Para pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan, peralatan musik seperti mic, merchandise hingga sertifikat penghargaan.

Mahmud menuturkan personel yang ada dalam tim musik Patrol sebagian besar merupakan kaum milenial. Mereka membawakan lagu religi, tradisional hingga lagu populer yang ada di masyarakat.

Mahmud berharap kegiatan ini dapat bermanfaat, serta bisa menanamkan rasa cinta masyarakat khususnya kaum milenial pada kebudayaan tradisional.

“Kami kaum milenial harus tetep menjungjung tinggi musik tradisional. Kami harus tetap menjaga ciri khas budaya lokal, kalau kita tidak lestarikan, maka akan redup,” ujar Mahmud.

Sementara salah satu peserta, Moh. Abdul Fiqih mengaku senang atas kegiatan yang diadakan GMC Jawa Timur tersebut. Sebab, kegiatan positif ini dapat mempopulerkan seni musik Patrol kepada masyarakat Indonesia.

“Acaranya bagus, saya senang ikut ini. Terima kasih kepada GMC Jawa Timur, semoga sukses terus,” ucap Abdul mewakili tim New Okat sebagai Juara 1 perlombaan tersebut.

Baca Juga :  Air Bersih Gratis dan Sumur Bor dari Kyai Muda Ganjar Bantu 400 Keluarga di Bojonegoro Hadapi Krisis Air

Acara ini disambut baik dan antuias oleh masyarakat, khususnya kaum milenial. Para tim yang menjadi juara tampil memukau dan dapat menghibur masyarakat yang hadir.

Musik Patrol merupakan salah satu jenis musik yang terkenal di berbagai tempat di Jawa Timur khususnya di Jember. Musik itu dirancang untuk menciptakan irama dan instrumen yang dinamik untuk mengiringi lagu-lagu tradisional, hingga pada perkembangannya bisa menghibur dengan lagu-lagu populer di masyarakat.

Adapun alat musik Patrol diantaranya seperti kenong, kentongan dari kayu, remo, ting-tung, bas besar, kleter, selingan, tamborin hingga seruling bambu.

Selain itu, GMC Jatim turut mensosialisasikan figur dan program Ganjar Pranowo baik sebagai gubernur Jawa Tengah, maupun sebagai mantan anggota DPR RI.

Mereka juga memohon doa dan dukungannya agar Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. (her/red)

Komentar