Relawan Gus-Gus Pendukung Ganjar Gandeng Santri-Alumni Rehabilitasi Asrama Ponpes di Tulungagung

Politik167 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com- Sejumlah gus pendukung Ganjar Pranowo berjejaring dalam relawan Gus-Gus Nusantara (GGN) terus menyebarkan perhatiannya terhadap lingkungan pesantren. Teranyar, GGN menyerahkan bantuan dalam mendorong rehabilitasi asrama santri di Ponpes Hidayatul Falah, Desa Bendilwungu, Kec. Sumbergempol, Kab. Tulungagung, Jawa Timur (Jatim).

Gus-Gus Nusantara yang berlatar belakang putra para kiai mempunyai niat baik meningkatkan kualitas pendidikan pesantren. Salah satu di antaranya melalui perbaikan asrama pondok pesantren bagi para santri demi menambah kenyamanan tempat tinggal dan beraktivitas.

“Ini saya rasa sangat perlu untuk mempercepat kenyamanan bagi kaum santri dalam mengemban tugas belajar ilmu agama untuk pesantren tersebut. Dari Gus-Gus Nusantara memberikan bantuan berupa pasir, batu-bata, dan pemasangan plafon dan gypsum,” ucap Koordinator Wilayah Gus-Gus Nusantara Jawa Timur, Gus Alwy Hasan di lokasi, Selasa (10/1/23).

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis dalam agenda “Doa Bersama demi Keselamatan NKRI” dan diterima langsung oleh Gus Mukhlisin selaku pengurus Ponpes Hidayatul Falah.

Baca Juga :  Berikan Ide Peluang Usaha, Kowarteg Dukung Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Kue di Nganjuk

Gus Alwy menyebut Hidayatul Falah merupakan satu dari empat ponpes di bawah naungan Yayasan Gunajaya. Sementara ketiga ponpes lainnya adalah Al Falah Putra Trenceng, Al Falah Putri Trenceng, dan An-Najah.

Pada proses pengerjaan, GGN menggaet para santri dan alumni Pondok Pesantren Al Falah Trenceng untuk memugar satu asrama santri tersebut. Nantinya, asrama dengan luas 6×7 meter tersebut bakal dihuni kurang lebih 30 santri.

“Kami di pondok pesantren dibiasakan ro’an (kerja bakti). Jadi, pelaksanaan renovasi asrama ini nanti kami kerja sama dengan santri dan para alumni Ponpes Al-Falah,” kata Gus Alwy.

Gus Alwy menegaskan dalam rangka menebar kebaikan dan kebermanfaatan kepada sesama, GGN berkomitmen menjaring aspirasi masyarakat. Salah satu di antaranya adalah masyarakat pesantren yang berada di Jatim.

Baca Juga :  Jaga Kebugaran Warga Lamongan, Kowarteg Ganjar Adakan Senam Bersama

“Di mana pendidikan pesantren ini dirasa cukup lama berhasil dalam mendidik akhlak bangsa di NKRI. Sehingga perlu menurut kami memperdulikan dan memperhatikan finansial bangunan-bangunan dari pondok yang kami jangkau,” jelas Gus Alwy.

Ali Imron (21) salah satu santri mengapresiasi bantuan pemugaran asrama santri yang disalurkan oleh sukarelawan GGN. Dia berharap, adanya bantuan ini dapat meningkatkan semangat para santri dalam menimba ilmu.

“Terima kasih kepada Gus-Gus Nusantara. Alhamdulillah bantuan ini sangat dibutuhkan sekali oleh santri dan pesantren. Sehubungan bantuan ini, bangunan-bangunan yang kurang layak bisa diperbaiki,” jelas Ali.

Sebelumnya pada Senin (9/1), Relawan Gus-Gus Nusantara telah memberikan bantuan perbaikan empat unit tempat mandi cuci kakus (MCK) bagi Ponpes Al-Falah, Tulungagung. Bantuan tersebut diharapkan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan para santri di lingkungan pesantren. (her/red) 

Komentar