NewsHukum & Kriminal

Terkesan Proyek Siluman, TPT Di Desa Jambu Disoal

1080
×

Terkesan Proyek Siluman, TPT Di Desa Jambu Disoal

Sebarkan artikel ini
Penampakan proyek TPT di Desa Jambu yang tanpa dilengkapi papan informasi (dok.SJ)
Foto:Penampakan proyek TPT di Desa Jambu yang tanpa dilengkapi papan informasi (dok.SJ)

SUMENEP, seputarjatim.com-Proyek pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) yang berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura tidak dilengkapi dengan papan informasi sebagaimana yang diamanahkan dalam undang-undang keterbukaan informasi publik.

Papan yang dimaksud seharusnya dipasang dengan menyebutkan keterangan jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek, dan nilai kontrak, serta jangka waktu atau lama pekerjaan sehingga tidak terkesan proyek siluman.

IMG20230720092623 scaled

“Proyek yang di kerjakan sudah berjalan dari Minggu kemaren, namun tidak ada papan informasi proyek yang di pasang dan proses pengerjaanya pun di duga asal-asalan, salah satunya terkait masalah kedalam pondasi,” ucap SN warga setempat.

Baca Juga :  Terpapar Corona, Warga Perumahan di Sumenep Lakukan Penyemprotan Tengah Malam

Selain itu pada kondisi proyek tersebut di duga mengabaikan mutu dan standar aturan yang sudah di tentukan, sehingga di khawatirkan kualitasnya tidak akan bertahan lama dan itu dibuktikan dengan adanya kebocoran di beberapa titik.

“Terkait dengan hal tersebut saya berharap jangan sampai pihak Dinas terkait ada kongkalingkong dengan pihak kontraktor, terutama pengawas lapangan, leading sector dari proyek TPT tersebut harus memberikan teguran yang tegas terhadap kontraktor yang mengerjakan proyek itu,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, Benny Wahyudi selaku Kepala Desa Jambu saat dikonfirmasi mengaku proyek tersebut bukan milik desa melainkan milik pengairan Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga :  Rekonstruksi Pembunuhan Mahasiswi Akper Sidoarjo

“Itu proyek provinsi, kalau tidak salah yang mengerjakan orang Sampang,”jelasnya singkat saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya.

Sementara itu saat awak media mendatangi lokasi objek pemberitaan, sepertinya pekerjaan tersebut sudah selesai dikerjakan sehingga tidak dijumpai seorangpun baik pekerja maupun pengawas dari proyek TPT tersebut, hanya terdapat sisa bahan proyek dan beberapa peralatan tukang.

Seputarjatim.com akan terus melakukan penelusuran dan konfirmasi lanjutan kepada pihak terkait lainnya dan akan mengungkap fakta-fakta lain dari proyek siluman yang menurut informasi tersebar di berapa titik se Kecamatan Lenteng. (Bam)

Tinggalkan Balasan