oleh

BPBD Madiun Gelar Simulasi Penanganan Korban Tenggelam

MADIUN, seputarjatim.com Tim instruktur Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Trenggalek melatih 80 orang relawan BPBD Kabupaten Madiun melakukan penanganan terhadap kondisi darurat di perairan, Minggu, 01/11/2019, bertempat di waduk Segaran, Kabupaten Madiun.

Dalam simulasi ini, diskenariokan ada beberapa pengunjung wisata air waduk Segaran yang terjatuh ke air akibat perahu yang dinaikinya terguling. Mengetahui kejadian ini, tim life guard waduk Segaran pun sigap dengan memberikan pertolongan dengan segera.

Mereka mendekati tempat terjatuhnya korban dengan menggunakan perahu karet. Kemudian, mengevakuasi semua wisatawan tersebut ke atas perahu dan dibawa ke tepi waduk untuk diberikan bantuan medis lebih lanjut.

“Simulasi berjalan dengan baik dan lancar, semua peserta telah mampu mempraktekkan tehnik menolong korban yang mengalami kondisi kedarurat di air sesuai dengan prosedur,” terang Dyan Susetyo, Koordinator tim instruktur Pos SAR Trenggalek.

Kegiatan simulasi ini, lanjut Dyan, merupakan rangkaian akhir dari kegiatan Pelatihan Siaga Bencana yang diselenggarakan oleh BPBD kabupaten Madiun. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu dan keterampilan kepada para peserta jika nantinya menghadapi kondisi kedaruratan di air.

Sebelum simulasi ini dilaksanakan, para peserta menerima penyampaian sejumlah materi dari tim instruktur Pos SAR Trenggalek, diantaranya materi Struktur Organisasi Operasi SAR, Tehnik Pertolongan Korban Musibah di Air, serta MFR (Medical First Responder). (joe/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *