Disinyalir Ilegal, Aktivitas Tambang Fosfat Berlangsung Di Desa Ellak Daya

News, Peristiwa882 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Meskipun mendapat penolakan dari berbagai elemen terkait aktivitas tambang fosfat, namun tambang yang disinyalir ilegal ini terus saja marak dilaksanakan di Kabupaten Sumenep.

Salah satunya yakni, tambang fosfat yang berlokasi di Desa Ellak Saya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura.

Pantauan media dilokasi tambang, tampak beberapa pekerja sibuk mengisi ratusan karung yang berisi fosfat yang siap diangkut oleh pekerja menggunakan truck.

Seorang pekerja yang enggan menyebutkan namanya mengakui bahwa yang dirinya tambang itu merupakan fosfat, namun dirinya enggan memberikan info detail terkait tambang tersebut dengan alasan hanya pekerja.

Baca Juga :  Santuni Anak Yatim, Cara PT. Arminareka Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

“Iya fosfat, saya tidak tahu apa pak, saya hanya pekerja,” Ucapnya singkat. Rabu (26-10-2022).

Sementara itu, salah satu warga lenteng berinisial BS menyebutkan bahwa, tambang fosfat ini akan memiliki dampak kerusakan lingkungan dan ancaman disharmonisasi sosial masyarakat.

Untuk itu Pihaknya berharap, Pemerintahan Desa (Pemdes) juga ikut memperjuangkan kepentingan rakyat, dan ikut melestarikan lingkungan Kecamatan lenteng secara khusus dan lingkungan Kabupaten Sumenep secara umum.

“Prinsip tambang bukan mitos tapi sudah nyata, karena tambang fosfat tersebut merusak lingkungan, bahkan selalu menjadikan ketidaknyamanan untuk lahirnya sebuah konflik,” Terangnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Ellak Daya, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Khairuddin, dikonfirmasi terkait aktivitas penambangan mengaku tidak ada pemberitahuan ke desanya.

Baca Juga :  Terkait Guru P3K Yang Tidak Masuk Kerja, Dinas Pendidikan Akan Panggil Kasek SDN. Paliat II

“Tidak ada pemberitahuan,” akunya.

Kades Khairuddin menyebut aktivitas yang didapatkan berdasarkan peta lokasi tertera di Dusun Bukakak, Desa Ellak Daya, menyebut bukan terletak di desanya melainkan masuk Desa Daramista.

“Setelah saya cari informasi kepada masyarakat, aktivitas penambangan itu bukan di Dusun Bukakak, Desa Ellak Daya, tapi sudah masuk Desa Daramista,” sebutnya.

Sampai berita ini tayang kembali, seputarjatim.com bersama tim akan terus melakukan upaya konfirmasi lanjutan kepada pihak-pihak berwenang lainnya. (Bam)

Komentar