Ganjar Creasi Adakan Pelatihan Pembuatan Yoghurt Bareng Ibu-Ibu di Bumi Aji

Politik16 Dilihat

Batu, seputarjatim.com- Sukarelawan Generasi Alumni Muda UB-ITS-UNAIR atau Ganjar Creasi (G-Creasi) bekerja sama dengan Koperasi Produsen Bumi Aji melanjutkan agenda kanvasingnya dengan mengadakan Pelatihan Membuat Yoghurt bersama puluhan ibu-ibu di Bumi Aji, Kota Batu, Jawa Timur, Jum’at (28/7).

Koordinator Wilayah G-Creasi Jawa Timur Ilham Hasan mengatahan pelatihan tersebut dilakukan pentingnya para peternak susu sapi untuk bisa mengolah sendiri hasil ternakan untuk memiliki nilai jual lebih tinggi di pasaran.

“Sebagai produsen susu sapi segar untuk wilayah Jawa Timur. Ketika dijual di pabrikan mereka merasa hasilnya tidak sesuai, maka kami coba olahan tersebut agar punya nilai jual lebih tinggi,” ujar Ilham.

Baca Juga :  Pimpin Apel Gabungan, Bupati Minta ASN Tingkatkan Disiplin
IMG 20230729 WA0029
Foto Istimewa

Sehingga Ilham merasa para ibu-ibu tersebut layak mendapatkan taraf ekonomi yang lebih, apabila mengolah olahan susu tersebut.

“Kami berupaya untuk meningkatkan taraf ekonomi mereka,” lanjut Ilham.

Selain itu, olahan yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, yang mana salah satu kandungannya bermanfaat untuk mencegah stunting.

“Minum yoghurt salah satu upaya dalam mencegah stunting, kalau pun tidak diperjual-belikan itu bisa dikonsumsi rumah tangga dan bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh,” lanjutnya.

Baca Juga :  Disinyalir Loloskan Perangkat Desa Yang Gunakan Ijazah Bukan Atas Namanya Sendiri, Profesionalisme Panitia Perekrutan Perangkat Desa Aenganyar Diragukan

Dengan adanya kegiatan ini, Ilham berharap masyarakat bisa memanfaatkan ilmu yang diberikan dan mencoba mempraktekkan pelatihan tersebut di rumah masing-masing.

“Semoga ini bisa diterima dan diaplikasikan, entah dikonsumsi secara pribadi atau pun dijualbelikan,” ujar dia.

Ke depan, Ilham akan melanjutkan agenda di wilayah tersebut dengan mengadakan pelatihan pertanian yang meliputi pelatihan pemupukan hayati untuk masyarakat setempat.

Pelatihan tersebut kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama masyarakat dan sukarelawan Ganjar Creasi. (red)

Komentar