Menuju Desa Berdaya, Pemdes Babbalan Gelar Musdes

News, Pemerintahan328 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Pemerintah Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, laksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Penyusunan Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2023, Senin (4/7/2022).

Kepala desa Babbalan menyampaikan, acara  Musdes ini sebagai langkah awal dalam daftar usulan perencanaan pembangunan Desa di tahun 2023 nanti, untuk itu pihaknya akan menampung apa yang diusulkan oleh warga babbalan.

“Musdes ini merupakan Forumnya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra kerja Pemerintah Desa bertujuan untuk mencapai sebuah pemerintahan yang transparan” Jelas Mastur.

Gagasan segala unsur sangatlah penting, sebab semua orang bisa menyampaikan aspirasinya, baik dalam sektor pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“RKP Desa bertujuan menyusun perencanaan yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa ke depan” terangnya.

Baca Juga :  Tindak Lanjut Surat Rekomendasi KASN, Pj Bupati Bondowoso Bakal Segara Tata Ulang ASN

Pelakasanaan RKP Desa, menurut Mastur, mengacu pada Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pembangunan Desa dan Permendesa PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa.

“Sedangkan prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) mengacu pada Permendesa PDTT Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2022” Pungkasnya.

Pada kesempatan sama, Camat Batuan, Guntur menyampaikan, Musdes ini sangat penting untuk menyampaikan aspirasi dari masing-masing masyarakat guna mewujudkan program pemerintah.

“Hasil dari musyawarah masyarakat desa diharapkan bisa mendukung semua kegiatan maupun program pemerintah sehingga terlaksana dengan baik” tandasnya.

Sementara itu, Ketua BPD Desa Babbalan, Munir, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama, bergotong royong, serta menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah Desa.

“Pemberdayaan Sumber Daya Manusia maupun seluruh aspek yang bisa menjadikan Desa Babbalan kedepan semakin maju dan berkembang” harapnya.

Baca Juga :  Polres Sumenep Menerima Kuliah Kerja Profesi Serdik Sespimen Polri Dikreg ke 62 Tahun 2022

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat agar tidak hanya pandai memberikan usulan saja namun juga dapat merawat dan menjaga ketika usulannya telah terlaksana.

“Masyarakat jangan hanya pinter mengusulkan akan tetapi diharapkan harus bisa merawat apabila segala usulannya sudah dikerjakan” pungkasnya.

Dari pantauan media ini, pelaksanaan Musdes berlangsung khidmat, lancar dan terjadi interaksi komunikasi, tukar dan bagi pendapat (sharing) dengan seluruh peserta yang hadir.

Tampak hadir Camat Batuan, bersama anggota, Babhinsa dan Babhinkamtibmas, Pendamping Desa, BPD, PKK,  seluruh perangkat Desa Babbalan, Ketua Karang Taruna Generasi Anak Muda Babbalan (Gaba), tokoh Agama, tokoh Pemuda, Masyarakat, dan tokoh Wanita. (Bam)

Komentar