oleh

Pleci, Burung Berkacamata

MASALEMBU, seputarjatim.com- Kecamatan Masalembu memiliki ragam daya tarik. Selain terkenal dengan panorama indahnya, pulau terjauh di Kabupaten Sumenep ini juga kaya akan potensi flora dan fauna.

Tak ada di wilayah lain, Pulau Masakambing yang merupakan gugusan Pulau Masalembu menjadi habitat alami burung pleci.

“Iya di Pulau Masakambing memang penuh dengan burung pleci. Ya dari dulu. Burungnya kecil, berwarna kuning, hidupnya bergerombol,” terang Daeng Usman, petugas BKSDA Pulau Masalembu.

Saat ini menurut Usman keberadaan Burung Pleci telah dilindungi undang-undang. “Kalau dulu orang bebas berburu, sekarang tidak boleh lagi ya. Jadi orang yang berniat mengambil di alam untuk dijual akan ditindak,” tegasnya.

Keunikan lain yang ada di Pulau Masakambing menurut Usman adalah burung Kakatua Jambul Kuning mini. Sama seperti Pleci, burung ini pun juga dilindungi.

“Kalau Kakatua semua sudah tahu kalau dilindungi. Tapi kalau Pleci belum semua tahu. Makanya terus kita sosialisasikan,” imbuhnya.

Untuk berkunjung ke Pulau Masakambing dibutuhkan perjalanan laut selama 18 jam dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep.

“Yang ingin wisata kesini nanti akan kita antar keliling Pulau. Nanti saya tunjukkan lokasi yang jadi tempat favorit burung berkumpul,” pungkas Usman. (Mg1/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *