Punya Program Bagus, Pedagang Pasar di Bojonegoro Deklarasikan Dukungan untuk Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Politik65 Dilihat

Bojonegoro, seputarjatim.com – Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD mendapatkan dukungan penuh dari para pedagang pasar tradisional di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

IMG 20231111 WA0027
Foto Istimewa

Mereka menunjukkan dukungannya itu lewat aksi deklarasi yang dilakukan di kawasan Pasar Dander dengan disaksikan langsung oleh para pengunjung pasar dan Koordinator Wilayah Kiai Muda Jawa Timur Dukung Ganjar, Gus Ali Baidlowi, Sabtu (11/11/2023) dini hari.

“Kegiatan hari ini mengadakan sosialisasi tentang Pak Ganjar Pranowo terhadap pedagang pasar keliling di pasar tradisional Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro dan sekaligus deklarasi untuk dukungan kepada beliau, Bapak Ganjar dan Pak Mahfud untuk menjadi Presiden di 2024,” tuturnya.

Sebelum melakukan deklarasi mendukung Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud, para pedagang memang terlebih dahulu mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh para sukarelawan Kiai Muda Ganjar Jawa Timur.

Tak sekadar mengenalkan Ganjar-Mahfud sebagai sosok pemimpin yang terbukti memperhatikan dan menyejahterakan rakyat kecil, para sukarelawan Kiai Muda juga menyerap masukan dan aspirasi para pedagang di pasar tersebut.

Baca Juga :  Bisa Jadi Pilihan Usaha, Ganjar Creasi Ajak Milenial dan Gen Z Jajaki Potensi Bisnis Sablon

“Masyarakat menginginkan agar ekonomi kemasyarakatan terutama di pasar-pasar, perlu ditingkatkan, perlu dibenahi lagi. Ataupun, kalau nanti Pak Ganjar dan Pak Mahfud terpilih di 2024 lebih menggiatkan (program di pasar),” kata Gus Ali menyimpulkan harapan dari para pedagang.

Menurutnya, pasar tradisional memiliki potensi ekonomi yang besar di Indonesia khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro lantaran masih menjadi pusat jual-beli berbagai komoditas khususnya kebutuhan pokok masyarakat.

Selain itu, Gus Ali melihat pasar tradisional juga menjadi tempat mata pencaharian masyarakat kelas menengah ke bawah di perkampungan yang selama ini kesulitan mendapatkan pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar.

“Karena, ekonomi di masyarakat salah satunya, ketika di kampung, di masyarakat, di desa-desa itu lapangan pekerjaan (terbatas) mungkin mereka sulit untuk menjadi karyawan dan sebagainya. Untuk mendongkrak ekonomi mereka adalah pasar. Apalagi pasar tradisional, pasar malam,” ujarnya.

Para pedagang di Pasar Dender optimistis pasangan Ganjar-Mahfud akan memperhatikan dan membantu mereka setelah terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 mendatang seperti diungkapkan salah seorang pedagang bernama Nur Ulifah.

Baca Juga :  Pilwali Surabaya, Ning Lia Siap Ikuti Kompetisi Menjadi Wawali

Apalagi, Ganjar juga dinilai berpengalaman dalam pemerintahan sebagai Gubernur Jawa Tengah selama dua periode yang lalu dan salah satu keberhasilannya memang dalam pengembangan ekonomi kerakyatan melalui revitalisasi pasar-pasar.

“Pedagang dan petani (berharap) bisa jualan lebih baik, dan produk-produknya yang dijual tidak naik lagi (harganya). Sekarang kan banyak yang naik. Kalau bisa jangan naik lagi kasian penduduk kecil kayak kita,” kata Nur mewakilipara pedagang.

Selain itu, dia juga mengharapkan bantuan modal dari pemerintah untuk mengembangkan usaha kecilnya itu sehingga dapat mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Pedagang kalau yang dibutuhkan itu, kebanyakan barang atau jasanya itu, modalnya itu yang kurang. Kalau pinjam ke rentenir kaya begitu bunganya itu banyak kan kasihan toh. Ya bagus lah (program Ganjar-Mahfud) semoga bisa mensejahterakan rakyat Indonesia,” ujarnya. (her/red)

Komentar