oleh

Sontoh Laut, Wisata Alternatif Kota Surabaya

SURABAYA, seputarjatim.com Kecamatan Asemrowo memiliki tempat Sontoh Laut yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di Kota Surabaya. Keindahan alam khas pesisir yang ada di kawasan Sontoh Laut, tidak hanya memikat wisatawan domestik melainkan juga mulai dilirik wisawatan mancanegara. Wisata Sontoh Laut berada di kelurahan Greges, Kecamatan Asemrowo, Surabaya.

Sontoh Laut diambil dari seseorang yang menjadi leluhur atau orang yang pertama kali mendiami daerah tersebut. Dan Sontoh itu nama orang tersebut yang dipanggil mbah Sontoh, yang sekarang menjadi leluhur warga Greges. Mbah Sontoh itu dikenal sebagai seorang pelaut sehingga daerah itu disebut Sontoh Laut.

Tradisi warga Greges yang merupakan kampung nelayan, melaksanakan kegiatan sedekah laut setiap tahunnya. Kegiatan pesta rakyat ini dilakukan dengan cara melarung makanan di laut.

“Mengembangkan potensi dan untuk mengetahui aktifitas rutin yang ada di wilayah Sontoh Laut, maka kami mengumpulkan warga masyarakat yaitu tokoh masyarakat yang tahu sejarah Sontoh Laut. Dari situ kami mendapatkan informasi banyak dari Muhammad Ridwan salah satu tokoh yang dulu mencoba membesarkan atau mengembangkan kawasan Sontoh Laut tersebut,” terang Bambang Udi Ukoro, Camat Asemrowo.

Saat ini upaya pengembangan wisata Sontoh Laut terus dilakukan. Warga berharap wisata alternatif ini dapat dikenal dan berdampak positif terhadap perekonomian warga sekitar. (joe/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *