Disbudporapar Sumenep akan Gelar Event Ojung di Pantai Badur

Budaya, Wisata21 Dilihat

SUMENEP, Seputar Jatim – Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Pariwisata (Disbudporapar) akan menggelar event budaya tradisional ojung di pantai Badur Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Sabtu 8 Juni 2024.

Acara tersebut upaya untuk melestarikan dan mempromosikan warisan budaya lokal yang ada di kabupaten setempat, serta menjadi langkah konkret untuk menghubungkan masyarakat dengan akar budaya mereka.

Kepala Disbudporapar, Moh. Ikhsan mengatakan, bahwa ojung ini salahsatu tradisi unik yang ada di Kabupaten Sumenep, di mana dua peserta bertanding dengan menggunakan rotan, dan peminatnya sudah mulai menipis, maka dari itu kami coba melestarikan kembali

Baca Juga :  DPRD Sumenep Angkat Bicara Soal Dugaan Kasus Perzinahan Oknum Kepala Sekolah dan Guru

“Tradisi ini biasanya digelar untuk memohon hujan atau kesuburan tanah. Dalam event ini, selain pertandingan ojung, juga akan ada bazar makanan tradisional,” katanya, Jumat (7/6/2024).

Maka dengan event ini, sambung dia, pihaknya ingin pengunjung tidak hanya menonton saja, tetapi juga merasakan dan belajar langsung dari para ahlinya.

Dengan berbagai aktivitas yang ditawarkan, Disbudporapar berharap event ojung ini dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi masyarakat lokal, terutama pelaku usaha kecil dan menengah.

Selain itu, lanjut ikhsan, event ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap kekayaan budaya lokal, serta dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca Juga :  Pemkab Sumenep Bakal Panggil Kepala Sekolah SDN dan Guru PPPK yang Terlibat dalam Dugaan Kasus Perselingkuhan

“Kami ingin menunjukkan kekayaan budaya kita yang tak ternilai harganya,” harapnya. (Sand/EM)

*

Komentar