Terus Menunjukkan Kemajuan Dan Prestasi, Dispertahortbun Sumenep Sukses Gelar Dua Acara Sekaligus

News60 Dilihat

Sumenep,Seputarjatim.com,-Dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional, Kementerian Pertanian menggelar Panen Raya Jagung Nusantara secara serentak di 400 Kabupaten/ Kota seluruh Indonesia. Rabu (29/09/2021).

Diantara 400 Kabupaten/Kota yang melaksanakan penen raya jagung nusantara, salah satunya yakni kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang ditempatkan di Desa Gadu Barat, Kecamatan Ganding, Sumenep.

Kepala Dispertahortbun Sumenep, Arif Firmanto mengatakan, kegiatan panen raya jagung nusantara ini tidak lain bertujuan untuk memastikan dan mengoptimalkan produksi jagung dalam negeri.

“Alhamdulilah hasil pertanian jagung khususnya di Kecamatan Ganding memiliki kwalitas yang bagus, dan ini perlu ditingkatkan agar kedepan hasil produksi pangan utamanya jagung semakin lama semakin bagus, baik dari sisi kwalitas dan kwantitasnya,” Ucapnya.

Baca Juga :  Wakili Masyarakat Sumenep, Bupati Fauzi bersama Kadinsos Serahkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

IMG 20210930 WA0033IMG 20210930 WA0018

Dihari yang sama, selain menggelar Panen Raya Jagung Nusantara, Dispertahortbun Kabupaten Sumenep juga dipercaya menjadi tempat pelaksanaan gerakan diversifikasi pangan lokal dan gelar pangan murah berkualitas yang diselenggarakan oleh provinsi Jawa Timur.

Gelaran pangan murah berkualitas bertujuan untuk membantu masyarakat Sumenep agar bisa mengakses kebutuhan pangan dengan harga dibawah pasar. Sementara, untuk mewujudkan ketahanan pangan di tengah Covid-19, salah satunya dengan gerakan diversifikasi pangan lokal.

Baca Juga :  Momentum HUT RI Ke-78, Pemdes Ellak Daya Laksanakan Upacara Bendera

“Semisal, langkah yang paling tepat adalah mengubah pola konsumsi pangan dengan cara lebih meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, daging, ikan dan juga mengurangi konsumsi beras sebagai sumber karbohidrat,” Pungkas pria yang juga menjabat sebagai PLT Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumenep.

Pantauan media ini dilokasi kegiatan tampak hadir, Bupati Sumenep yang diwakili Asisten III Setda Pemkab Sumenep, Agus Dwi Saputra, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sumenep, Arif Firmanto, serta Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. (Bambang)

Komentar