Nasional

Viral Bidan Gunung, Berjuang Selamatkan Ibu Melahirkan

962
×

Viral Bidan Gunung, Berjuang Selamatkan Ibu Melahirkan

Sebarkan artikel ini
20231103 163245
Bidan Monicque Marthalitha (jilbab putih), pejuang kesehatan pegunungan Payudan, Sumenep, Jawa Timur. (SJ photo)

Sumenep, seputarjatim.com- Video seorang bidan yang bertugas di pegunungan Payudan, Kecamatan Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, viral di media sosial. Dalam video berdurasi 42 detik tersebut, bidan bernama Monique Marthalitha tampak sibuk menyelamatkan nyawa seorang ibu yang melahirkan di tengah jalan pegunungan. Dalam video itu, pihak keluarga besar ikut menemani proses persalinan di tengah jalan berbatu. Peristiwa ini terjadi pada Rabu, 1 November 2023 lalu.

“Pegunungan ini wilayah kerja saya. Saya bidan di Pustu Desa Batuampar. Saat itu saya memang langsung bergegas naik gunung karena mendengar warga bernama Surayya sudah akan melahirkan. Alhamdulillah masih ada waktu, saya dan rombongan keluarga besar Ibu Surayya ketemu di jalan. Di tengah jalan itulah, persalinan darurat berlangsung,” kata Monique, Jumat (03/11/2023).

Baca Juga :  Warga Sepudi Wadul Bupati, Juru Kunci Asta Blingi Langgar SK

Bidan dengan wilayah kerja di bukit perbatasan Kabupaten Sumenep dan Pamekasan ini juga bersyukur jalannya persalinan lancar. Nyawa sang ibu dan bayi dapat selamat.

“Ibu surayya ini ditandu dari rumahnya untuk menuju ke Puskesmas berjarak 10 KM. Jalannya gak bisa dilalui mobil karena terjal dan berbatu. Ya gak apa-apa saya yang jemput bola,” imbuh ibu lima anak ini.

Sementara itu Surayya, ibu yang melahirkan di tengah jalan berbatu pegunungan mengaku bersyukur dengan aksi sigap sang bidan Monique.

“Bu Bidan Monique itu memang disini. Diam orangnya, murah senyum. Hafal dengan batu-batu disini. Termasuk saat kelahiran anak saya. Bu Bidan naik ke gunung dan bisa bantu persalinan saya. Terima kasih,” kata Surayya terharu.

Saat ini, Bidan Monique juga masih mengunjungi rumah Surayya setiap harinya, untuk memastikan kesehatan bayi yang baru dilahirkan. “Alhamdulillah sehat anak saya. Karena dapat tindakan di waktu yang tepat,” imbuh Surayya.

Baca Juga :  Dugaan Mafia Tanah Ditubuh BPN Sumenep, Kementrian ATR/BPN turun Gunung
20231103 163222
Plt. Kadinkes Sumenep Agustiono Sulasno menemui Bidan Monique Marthalitha sebagai bentuk dukungan atas dedikasinya bekerja tulus di lapangan, Jumat (03/11/2023). (Sj photo)

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep mengaku bangga dengan kiprah Bidan yang bertugas di wilayah terpencil.

“Sumenep ini punya ratusan pulau. Punya wilayah pegunungan terjal. Saya sangat bangga dan mengapresiasi dedikasi yang ditunjukkan. Salah satunya kisah Bidan Monique yang viral kemarin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno saat berbincang dengan Bidan Monique, Jumat (03/11/2023).

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini, Bupati Sumenep Achmad Fauzi juga akan mengundang secara khusus Bidan Monique ke pendopo Keraton Sumenep salah satunya untuk menerima penghargaan. (Far/red)

Tinggalkan Balasan