Bupati Sumenep Resmi Buka Pekan Seni Madura VIII Sanggar Lentera

Budaya, Pendidikan19 Dilihat

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Pembukaan Pekan Seni Madura (PSM) ke-VIII Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep berlangsung meriah

Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Sumenep Ahmad Fauzi Wongsojudo di Stadion A.Yani Panglegur.

“Kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat, bahwa seni ini penting. Karena seni itu mengandung nilai sejarah, dan orang membuat sesuatu dalam hal seni itu tidak mudah, harus menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan,” katanyaJumat (31/5/2024).

Baca Juga :  Ketua STKIP PGRI Sumenep Sebut PSM VIII Sanggar Lentera Jadi Kegiatan Mahasiswa Paling Efektif

Ia menekankan pentingnya seni dalam memperkaya budaya lokal serta sebagai sarana untuk membangkitkan kesadaran akan warisan budaya.

“Seni itu punya nilai komprershif, jadi jangan berkecil hati untuk para seniman Sumenep, kembangkan saja bidang seninya,” ujarnya.

Lanjut ia menyatakan, seni merupakan ruang diplomasi, pendekatan kepada siapapun. Jadi ketika orang pengen rileks dan bahagia maka harus suka pada seni, biar otak kanannya berfungsi.

“Seni, juga harus selalu ditampilkan untuk juga menjadi tawaran kepada wisatawan luar,” bebernya.

Baca Juga :  Pemkab Sumenep Luncurkan Puluhan Event di Bulan Juni untuk Meriahkan "Bulan Bung Karno"

Sementara itu, Ketua Umum Sanggar Lentera, Andi Irawan menyampaikan, bahwa acara ini berlangsung selama dua minggu ke depan, dan ini merupakan agenda tahunan Sanggar Lentera yang kebetulan pada tahun ini masuk pada Kalender Event Sumenep 2024.

“Maka dengan acara ini, diharapkan dapat memicu apresiasi lebih luas terhadap seni dan menginspirasi generasi muda untuk melestarikannya,” pungkasnya. (Sand/EM)

*

Komentar