Demi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat, Puluhan Puskesmas di Sumenep Terima Mobil Pusling

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Sebanyak 29 Puskesmas di Sumenep, Madura, Jawa Timur, menerima mobil Puskesmas Keliling (Pusling) dari Pemerintah Kabupaten Sumenep, melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Ellya Fardasah menyampaikan, terima kasih l kepada Bupati Achmad Fauzi yang telah memberikan prioritas sarana dan prasarana peningkatan pelayanan kesehatan.

“Dengan dorongan dari Pak Bupati, dapat tambahan sarana dan prasarana peningkatan pelayanan kepada masyarakat Sumenep,” katanya, di Halaman Kantor Bupati, Senin (6/5/2024).

Ia mengaku, bahwa anggaran pengadaan mobil Pusling dari DAK. Maka dengan adanya Pusling ini dapat meningkatkan promotif kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Puluhan Atlet Bina Raga Indonesia Hadiri Event Madura Body Contest di Sumenep, Achmad Fauzi Harap Jadi Inspirasi Bagi Generasi Muda

“Semoga melalui sarana promotif ini dapat meningkatkan perilaku masyarakat dari tidak sehat menjadi sehat, dan yang terpenting pelayanan yang maksimal dari kami,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, mobil Pusling yang diserahkan kepada Puskesmas adalah salah satu wujud perhatian pemerintah dalam melayani masyarakat secara maksimal di bidang pelayanan kesehatan.

“Kami terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, salah satunya dengan pengadaan Mobil Pusling ini,” tuturnya, usai Penyerahan Mobil Puskesmas Keliling.

Ia berharap, dengan di luncurkannya mobil Pusling ini mampu memperluas jangkauan pelayanan, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan, termasuk menjemput pasien dan mengantarkan pasien yang telah sembuh ke rumahnya.

Baca Juga :  Penyaluran Pupuk Bersubsidi 2024 Pakai Aplikasi I-Pubers, Ini Penjelasan Kadis DKPP Sumenep

“Mobil Pusling harus memberikan efek peningkatan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Jadi manfaatkan mobil ini hanya untuk kepentingan melayani kesehatan, jangan menggunakan keperluan pribadi,” bebernya.

Tidak hanya itu, ia berpesan kepada Kadinkes agar mengintruksikan kepada segenap puskesmas untuk semakin eksis memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan berharap mobil Pusling dirawat dengan baik, karena itu merupakan sarana untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat.

“Kita memang memberikan prioritas kepada Puskesmas karena puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat terbawah,” harapnya.

“Kami Juga berharap kepada para perawat dan tenaga kesehatan Puskesmas, untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien, supaya tidak ada keluhan mutu layanannya, sehingga melayani dengan keramahan, senyum, hati dan ikhlas,” imbuhnya. (EM).

*

Komentar