oleh

Desa Penghasil Panci Tradisional

SUMENEP, seputarjatim.com- Desa Kalianget Timur pasti tidak asing lagi bagi para ibu-ibu di Kabupaten Sumenep. Terlebih, bagi mereka yang hobi memasak. Desa Kalianget Timur adalah desa sentra penghasil alat-alat dapur.

Pembuatan kerajinan tradisional ini telah dilakukan warga sejak puluhan tahun. Ada berbagai jenis alat dapur yang dibuat pengrajin. Mulai dari panci, wajan, kotak pemanggang, hingga peralatan masak berukuran kecil lainnya.

“Disini pengrajin bekerja secara berkelompok. Di sejumlah rumah, didirikan gudang produksi alat-alat dapur. Bahan bakunya ya plat aluminium dengan ketebalan yang bervariasi,” terang Sukma, salah seorang pemilik toko alat-alat dapur, Rabu, 01/07/2020.

Yang berbeda dari hasil produksi alat alat dapur adalah metodenya yang masih tradisional.

“Pengrajin tetap memakai cara tradisional. Untuk membuat panci misalnya, setelah lempengan aluminium digunting, langsung dipukul menggunakan palu kayu diatas cetakan kayu,” imbuhnya.

Pemuda lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini tetap optimis, walau dikerjakan secara tradisional, alat-alat dapur yang dihasilkan para pengrain tetap digemari pasar.

Tri Budi, warga kota Sumenep mengaku sering membeli peralatan dapur di Desa Kalianget Timur.

“Ya kayak wisata. Kita bebas memilih model peralatan dapur yang kita inginkan. Soalnya disini kan tempatnya. Ada show room ya juga. Saya tetap memilih panci tradisional karena lebih awet,” katanya.

Selain dipasarkan di wilayah Sumenep, peralatan dapur yang dihasilkan pengrajin juga banyak dikirim ke sejumlah kota besar di Jawa Timur. (Mg2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *