Ganjar Creasi Gelar Pentas Sastra Puisi dan Teater untuk Apresiasi Seni Budaya Bangsa

Politik55 Dilihat

Kota Surabaya, seputarjatim.com- Sukarelawan Ganjar Pranowo dari alumni muda UB, ITS dan UNAIR yang berjejaring dalam Ganjar Creasi (G-Creasi), menggelar pentas senja sastra puisi dan teater bertema ‘Karya Jiwa Cipta Rasa’.

Kegiatan G-Creasi yang diadakan di Wisma Bahagia, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (27/8/2023) sore itu berkolaborasi dengan Teater Sua sebagai salah satu wadah pelaku teater dan pecinta seni.

“Kegiatan sore ini Senja Sastra Puisi dan Teater yang di mana bertema Karya Jiwa Cipta Rasa. Itu kami memadukan antara dua jenis karya seni, yaitu teater dan puisi yang kita sajikan kepada peserta supaya bisa menyaksikan dalam bentuk yang penuh emosi,” ujar Koordinator Wilayah G-Creasi Surabaya, Afrim Rifky Ariel di lokasi.

Afrim menjelaskan, penampilan yang disajikan dalam acara merupakan perpaduan dari seni puisi dan teater yang dibawakan langsung oleh para peserta yang menekuni dunia tersebut.

Baca Juga :  Relawan Ganjar Milenial Gelar Lomba Musik Patrol untuk Lestarikan Kesenian Lokal

Para penampil yang membawakan puisi pun tampak serius dan mendalami keseluruhan isi puisi, sambil menyajikan aksi teatrikal melalui gerak tubuh.

Afrim menyebutkan, G-Creasi sebagai salah satu perkumpulan alumni muda perguruan tinggi berupaya untuk terus mewadahi kesenian dan kebudayaan bangsa, termasuk dalam bidang puisi dan teater.

“Tujuan acara ini untuk memberikan platform kepada seniman-seniman bahwa kita bisa berkembang dalam dunia kesenian dan kebudayaan di Indonesia itu,” jelas Afrim.

Dia juga berharap, seluruh pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang membawa nilai-nilai kebangsaan dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat dan juga pemerintah.

“Harapannya supaya kesenian di Indonesia ini terus berkembang dan dari segi pemerintahan itu difasilitasi terus, dalam artian bisa untuk mengembangkan kebudayaan supaya masyarakat tidak lupa bahwa Indonesia kaya akan kesenian dan kebudayaan,” tutur Afrim.

Baca Juga :  Gus-Gus Ganjar Gelar Maulid Nabi dan Salurkan Bantuan Karpet kepada Majelis Taklim di Kabupaten Nganjuk

Terkait motivasi dan inspirasi kegiatan G-Creasi, Afrim menyampaikan bahwa sosok Ganjar Pranowo merupakan contoh pemimpin yang selalu menunjukkan kepedulian dan support terhadap perkembangan kesenian dan kebudayaan.

Pasalnya, bakal calon presiden (bacapres) 2024 berambut putih itu kerap kali mendatangi dan mendukung langsung pertunjukan kesenian dan kebudayaan, terutama yang berkaitan dengan seni budaya daerah dan bangsa.

Oleh sebab itu, G-Creasi tergerak untuk bersama Ganjar Pranowo mendukung penuh perkembangan dan kemajuan seni budaya di Tanah Air.

“Acara ini kami mengambil contoh dari Pak Ganjar karena Pak Ganjar orang yang sangat mengapresiasi terhadap kesenian dan kebudayaan di Indonesia, beliau juga terus mensupport acara kesenian dan kebudayaan itu sendiri,” ucap Afrim. (red)

Komentar