Gus-Gus Nusantara Gelar Kegiatan Ngaji Fiqih Rukun Ramadhan di Ponorogo

Politik184 Dilihat

PONOROGO, seputarjatim.com- Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur memperkuat kembali ukhuwah islamiyah antarumar dengan melangsungkan agenda lanjutan Ramadhan Ngaji Fiqih Rukun Puasa.

Selain itu, para pendukung Ganjar itu juga memberikan tausiyah tentang hikmah puasa Ramadan di Pondok Pesantren (Ponpes) Bani Hasan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (9/4).

Sedikitnya ada seratus peserta yang terdiri dari santri dan majelis taklim yang tampak mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.

IMG 20230410 WA0002
Foto Istimewa

Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jawa Timur Alwy Hasan mengatakan, kegiatan tersebut diisi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Bani Hasan Kyai H. Nasori Kegiatan ngaji dan tausiyah Ramadan tersebut digelar dalam rangka memuliakan bulan suci Ramadan yang penuh dengam berkah.

“Kami di sini mengadakan pengajian juga bantuan material kepada Pondok Pesantren Bani Hasan berupa semen, bata, pasir dan besi untuk keperluan pembangunan pesantren tersebut,” ujar dia.

Baca Juga :  Panitia Pilkades Jambu Tetapkan Tiga Calon Kepala Desa Jambu

Alwy berharap dengan adanya acara tersebut tali silaturahmi antarkomunitas dengan para santri akan makin erat lagi.

Selain itu, dirinya juga berharap anggota Santri maupun Majelis Taklim yang hadir dapat mengambil hikmah dari acara tersebut.

“‘Betapa besarnya hikmah puasa yang pahalanya luar biasa besar. Sehingga ini harus kami sebarluaskan kepada masyarakat. Karena dengan puasa, hati kita menjadi jernih, keinginan mudah terkabulkan oleh Allah SWT. Itu merupakan salah satu diantara hikmah puasa,” ungkapnya.

Menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan merupakan suatu kewajiban dimana setiap umat muslim yang beriman wajib hukumnya dalam berpuasa. Hal tersebut disampaikan oleh Alwy Hasan yang menyampaikan pahala dan manfaat dalam berpuasa Ramadhan.

“Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat muslim untuk berpuasa, dimana ganjarannya dilipat gandakan oleh Allah lebih dari 70 derajat,” tambahnya.

Baca Juga :  Santri Dukung Ganjar Jatim Fasilitasi Santri Masuk Industri Kreatif

Alwy berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan ketaatan umat muslim dalam menjalankan ibadah wajib puasa.

Sekaligus kegiatan tersebut menjadi momen dalam memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo di lingkungan setempat.

“Mudah-mudahan impian dari Gus-Gus Nusantara dengan mengangkat Bapak Ganjar Pranowo sebagai Presiden ke-8 RI didukung oleh masyarakat luas yang ada di nusantara, terutama Jawa Timur. Semoga kegiatan GGN kedepannya semakin banyak yang menerima oleh setiap pondok pesantren yang kami kunjungi,” pungkasnya.

Selain rangkaian tersebut, GGN doa dan tausiyah diakhiri dengan momen buka bersama seluruh umat yang hadir.

Kemudian diakhir dengan pemberian bantuan material, seperti bata, besi, semen dan pasir guna mendukung pembangunan di Pondok Pesantren Bani Hasan. (her/red)

Komentar