Sebagai Warisan Leluhur, Bupati Sumenep Komitmen untuk Lestarikan Budaya Ojung

Budaya11 Dilihat

SUMENEP, Seputar Jatim – Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi, berkomitmen untuk melestarikan sebuah tradisi kuno khas Kota Keris yaitu Ojung

Budaya Ojung dikenal sebagai tradisi adu kekuatan dengan menggunakan rotan, bukan sekadar pertunjukan fisik tetapi juga merupakan manifestasi dari nilai-nilai keberanian dan kejujuran masyarakat Sumenep.

“Pentingnya menjaga tradisi ini agar tetap hidup dan relevan di tengah arus modernisasi yang pesat,”katanya. Sabtu (08/6/2024).

Baca Juga :  Disbudporapar Sumenep akan Gelar Event Ojung di Pantai Badur

Budaya Ojung ini, kata dia, merupakan warisan leluhur kita yang sangat berharga. Melalui tradisi ini, kita tidak hanya mempertahankan identitas budaya, tetapi juga menyampaikan nilai-nilai luhur kepada generasi muda, maka dari itu, sangat penting untuk tetap dilestarikan.

Sementara itu, Kadisbudpora Sumenep, Moh. Iksan menyatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep akan mengambil langkah konkret untuk mendukung pelestarian Ojung.

Lanjut ia menegaskan, bahwa salah satu langkah konkret yaitu memasukkan Ojung dalam agenda tahunan pariwisata budaya Sumenep.

“Kami akan menjadikan Ojung sebagai salah satu atraksi utama dalam kalender wisata budaya. Ini tidak hanya untuk menarik wisatawan tetapi juga untuk memperkuat identitas budaya kita,” ujarnya.

Baca Juga :  Nahkoda Baru, Ach. Bahri Pimpin IKAHI Lembung Sumenep Periode 2024-2027

Dengan langkah-langkah konkret yang telah direncanakan, ia berharap budaya Ojung akan tetap hidup dan dikenal luas, tidak hanya di Sumenep Madura saja, tapi juga di seluruh Indonesia bahkan dunia. (Sand/EM)

*

Komentar