oleh

13 Pendaki Gunung Raung Yang Terjebak Ditemukan Selamat

BANYUWANGI, seputarjatim.com Sebanyak 13 orang pendaki gunung Raung berhasil dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, pada Sabtu, 05/10/2019 Pukul 11.30 WIB. Ke-13 orang ini terdiri dari dua orang guide, dua orang porter, dua orang pendaki WNI dan tujuh orang pendaki asal Singapura.

“Sebelum dievakuasi turun ke Pos Kalibaru, para pendaki yang mengalami luka bakar dan lecet mendapatkan perawatan medis di Camp 2 oleh tim medis Pos SAR Jember,” ujar Asnawi Suroso, Koordinator Pos SAR Jember, Sabtu, 05/10/2019.

Lebih lanjut Asnawi menuturkan, sembari dilakukan perawatan medis terhadap para pendaki yang terluka, anggota rombongan pendaki yang lain dan para personel resquer beristirahat sejenak. Setelah berhasil turun ke Pos Perijinan Pendakian Gunung Raung lewat Kalibaru, para pendaki langsung mendapatkan pemeriksaan medis lanjutan oleh petugas Puskesmas Kalibaru.

Sejumlah pendaki yang ditemukan alami luka bakar di bagian kaki. (Joe/SJ Foto)

Seperti diberitakan sebelumnya, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU (Search and Rescue Unit) untuk membantu evakuasi 13 orang pendaki gunung raung yang terjebak kebakaran hutan di sekitar jalur pendakian lewat Kalibaru.

Dua SRU yang dikerahkan berhasil menemukan lokasi 13 orang pendaki di camp 4, pada Sabtu, 05/10/2019, Pukul  02.36 WIB. Selanjutnya tim mengevakuasi turun para pendaki ke Camp 2.

“Alhamdulillah proses evakuasi 13 orang pendaki berjalan dengan aman dan lancar meski ditengah kendala diantaranya angin gunung yang bertiup cukup kencang, dan masih adanya kebakaran di beberapa titik di sekitar jalur pendakian gunung Raung,” pungkas Asnawi.

Proses evakuasi 13 pendaki yang terjebak di Gunung Raung ini melibatkan kerjasama antara lain tim Pos SAR Jember, 851 Rescue, BPBD Banyuwangi, BPBD Jember, Serdadu Alam, SAR OPA Jember, Sekretariat Pendakian Raung, guide dan porter lokal Raung, serta sejumlah organisasi relawan lainnya. (joe/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *