Berdayakan Ibu Rumah Tangga untuk Olah Produk UMKM, Kowarteg Indonesia Gelar Pelatihan Pembuatan Kue

Politik151 Dilihat

BLITAR, seputarjatim.com- Sukarelawan Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia, kembali blusukan untuk berbagi dengan masyarakat. Kali ini, Kowarteg Indonesia melakukan kegiatan ‘Berbagi Ceria Kowarteg Indonesia’ bersama ibu-ibu di Desa Pohgajih, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar.

Kowarteg Indonesia yang merupakan pendukung Ganjar Pranowo itu, menggelar program Cipcip Cita Rasa Nusantara melalui pelatihan pembuatan kue pisang kukus kepada para ibu rumah tangga di Desa Pohgajih.

Kiki Kurniawan selaku Koordinator Kowarteg Indonesia Wilayah Jawa Timur mengatakan, kedatangan sukarelawan Kowarteg Indonesia disambut antusias oleh warga yang mengikuti kegiatan.

“Alhamdulillah ketika kami datang ke sini, antusias warga sangat luar biasa. Apalagi ketika kita memasang wajah Pak Ganjar mereka sangat antusias sekali. Ini di luar ekspektasi kami,” ujar Kiki di lokasi pada Rabu (14/6/2023).

Baca Juga :  Keren, Achmad Fauzi Raih Juara 1 Realisasi SHAT Lintas Sektor UKM
IMG 20230614 WA0046
(Heri/ SJ photo)

Dia menambahkan, kedatangan Kowarteg Indonesia juga dalam rangka silaturahmi dengan warga Blitar, sekaligus menyosialisasikan figur Ganjar Pranowo.

“Hari ini Kowarteg Indonesia Jawa Timur berkunjung di Desa Pohgajih, Selorejo, Blitar, Jawa Timur. Kami dalam rangka ingin bersilaturahmi kepada warga Blitar, khususnya dengan ibu-ibu,” ucap Kiki.

Selain itu, lanjut Kiki, tujuan diadakannya kegiatan pelatihan pembuatan kue untuk menambah pengalaman kepada para ibu rumah tangga dalam mengolah makanan.

“Untuk kegiatan hari ini kami memberikan pelatihan pembuatan kue untuk para ibu-ibu, supaya mereka mendapatkan tambahan skill,” kata Kiki.

Tak hanya mendorong pelatihan pembuatan kue untuk ibu rumah tangga, lebih jauh, Kowarteg Indonesia juga berharap para peserta pelatihan dapat menambah skill membuat kue dan mengolahnya menjadi produk UMKM.

Baca Juga :  Ning Atikoh Ganjar Bicara Pemberdayaan Perempuan Bersama Nyai dan Ning di Surabaya

“Bisa digunakan untuk UMKM, kegiatan pengajian sehari-hari. Itu saya kira sangat bermanfaat untuk mereka ke depannya,” kata Kiki.

Menurut Kiki, para ibu rumah tangga dapat menambah ilmu dan pengalaman membuat kue dari kegiatan Kowarteg Indonesia.

Oleh sebab itu, Kiki menyebut, ibu rumah tangga bisa menambah penghasilan dengan meningkatkan kemampuan membuat kue untuk mengolah produk UMKM daerah.

“Ternyata warga sini banyak yang mendukung Pak Ganjar. Kami berharap warga Pohgajih bisa lebih maju lagi untuk bidang UMKM terutama,” tutur Kiki. (her/red)

Komentar