BIDAN KITA : Persalinan Yang Baik Menentukan Kualitas SDM

Tak Berkategori161 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com Bertugas sebagai Bidan di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep telah dijalani Siti Nurjannah sejak 8 tahun silam. Suka duka dirasakan wanita yang telah dikaruniai dua orang anak tersebut. “Tugas Bidan itu penting. Kita bertanggungjawab dalam setiap proses persalinan. Persalinan adalah hal penting, untuk menentukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bayi di kemudian hari,” terang Siti Nurjannah, saat ditemui di Puskesmas Pandian, Kota Sumenep, Selasa, 20/08/2019.

Menjadi Bidan menurut Siti harus siap panggil 24 jam penuh. Bidan harus melawan semua kondisi yang menyulitkan. Tak jarang, urusan pribadi dan keluarga pun sering ditunda karena tugas. “Misalnya saya sekarang kan punya bayi umur 1 tahun. Saat ada pasien ibu melahirkan yang datang dan harus dilayani, ya terpaksa menunda memberi ASI ke anak saya,” imbuhnya sambil tersenyum.

DSC00527
BIDAN KITA : Memantau kesehatan ibu hamil dan melahirkan menjadi tugas Bidan Siti Nurjannah di Puskesmas Pandian, Kota Sumenep, Jawa Timur. (dik/ SJ foto)

Di Puskesmas Pandian, Siti Nurjannah memiliki 14 rekan seprofesi. Tenaga Bidan ini bertugas secara bergantian dalam melayani kebutuhan masyarakat, khususnya kalangan ibu dan anak-anak di wilayah perkotaan. “Kami para Bidan memiliki komitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik dan senyum ramah,” jelas Siti Nurjannah.

Baca Juga :  Pesan HUT Jatim Gubernur Khofifah: Rawat Persatuan dan Kesatuan

Kesehatan ibu dan anak menurut Siti adalah hal yang sangat penting. Jika satu atau bahkan keduanya mengalami sakit, akan berdampak terhadap anggota keluarga lainnya. Untuk itu menurutnya, menjaga kesehatan ibu dan anak harus diupayakan.

“Ya itu salah satu tugas mulia Bidan. Menjaga kesehatan ibu dan anak,” pungkas Siti Nurjannah. (dik/red)

Komentar