HUT Kosti Sumenep ke-15, Ratusan Onthel Konvoi Keliling Kota

Budaya326 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com- Ratusan anggota Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Sumenep berkonvoi keliling kota Sumenep, Minggu pagi 12/02/2023. Selain untuk mengajak warga kembali cintai budaya gowes, kegiatan ini juga untuk memeriahkan HUT Kosti Sumenep yang ke-15.

“Ini onthel legendaris. Tentu beda dengan sepeda jaman sekarang. Selain sebagai sarana olahraga, naik onthel juga menjadi kebanggaan,” terang Usman salah seorang anggota Kosti Sumenep.

20230212 095138
Foto: Indra

Menurut Usman, usia rata-rata onthel yang dikoleksi rekan-rekannya lebih dari seratus tahun.

Baca Juga :  Masih Miris, Rencana Kota Keris

“Naik onthel itu seperti mengenang sejarah. Ada kisah panjang dari benda kuno ini. Makanya saya sangat cinta,” imbuh Usman sambil mengelus sadel onthelnya.

Dimulai dari taman bunga, ratusan peserta lantas keliling kota menyusuri jalan-jalan protokol. Acara dilepas langsung Kepala Disparbudpora Sumenep Mohammad Ihsan. Iring-iringan onthel yang melintas menyedot perhatian warga.

“Kita bersyukur ya. Ada 6000 onthel se-Kabupaten Sumenep. Makanya kita selalu support komunitas ini. Apalagi onthel ini menjadi sarana edukasi kalangan muda. Mereka harus ngerti, dulunya onthel-onthel ini pernah ikut berperang,” terang Ihsan.

Baca Juga :  Wakili Sumenep, Desa Masakambing Tampilkan Produk Unggulan Pada Festival Dewi Cemara
20230212 095155
Foto: Indra

Setelah berkeliling kota, peserta kemudian berkumpul di halaman RRI Sumenep.

“Onthel ini banyak yang lebih tua dari usia kita. Ya kita harus menghargai. Secara kelembagaan, RRI akan terus mendukung Kosti Sumenep dalam melestarikan benda warisan bangsa ini,” kata Kepala LPP RRI Sumenep Yohanes Eko Priyanto. (di/red)

 

 

Komentar