Jaga Lingkungan Hidup, Ratusan Nelayan Pendukung Ganjar Bersih-Bersih Pantai di Banyuwangi

Politik104 Dilihat

BANYUWANGI, seputarjatim.com- Sukarelawan yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur (Jatim) Dukung Ganjar Pranowo menggelar aksi bersih-bersih di Pantai Mutiara, Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jatim, Selasa (23/5/2023).

Aksi bersih-bersih diikuti ratusan nelayan yang biasa menjaring ikan dan biota lainnya di perairan Kabupaten Banyuwangi.

Mereka kompak membersihkan bekas kemasan makanan, ranting pohon, hingga botol minuman yang berserakan di pantai.

“Bagaimana kami bisa menjaga kebersihan lingkungan hidup. Kami bersih-bersih pantai dari sampah-sampah,” kata Koordinator Daerah Komunitas Nelayan Pesisir Kabupaten Banyuwangi, Muhammad Fajar Sidik di lokasi.

IMG 20230523 WA0041
(Heri/ SJ photo)

Menurut Fajar, lingkungan hidup pantai yang bersih memiliki dampak positif terhadap kehidupan masyarakat umum. Khususnya para nelayan yang mencari peruntukkan di wilayah pesisir.

Fajar mengatakan sumber daya hayati di laut yang merupakan sumber penghasilan nelayan juga akan melimpah karena terbebasnya lingkungan hidup dari pencemaran akibat sampah.

Baca Juga :  Tingkatkan Ketahanan Pangan Indonesia, Kowarteg Pendukung Ganjar Beri Bibit Padi dan Jagung kepada Petani di Bojonegoro

“Maka dari itu kami juga mengedukasi nelayan-nelayan tentang lingkungan hidup. Di mana lingkungan hidup itu tentang bagaimana sih menjaga alam di pesisir pantai sebetulnya,” kata Fajar.

Melalui kegiatan ini, Fajar berharap rekan-rekan nelayan pesisir di Kabupaten Banyuwangi dapat merasakan bersihnya lingkungan hidup. Fajar juga berpesan kepada mereka untuk turut menjaga alam.

“Harapan kami dari Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Dukung Ganjar bagaimana nelayan tambah sejahtera. Bisa sama-sama menjaga lingkungan dan jaga kesehatan juga. Yang penting alam yang terutama,” katanya.

Sementara Koordinator Wilayah Nelayan Jatim Dukung Ganjar, Sutriyadi menyebut antusiasme nelayan pesisir dalam membersihkan pantai sangat tinggi. Terlebih ketika aksi bersih-bersih dilakukan secara gotong royong.

Baca Juga :  Di Lamongan, Kiai Muda Jatim Gelar Sholawat Kebangsaan dan Doa Bersama Untuk Ganjar-Mahfud

“Kami dorong untuk menjaga ekosistem ya. Ekosistem laut agar laut ini benar-benar dijaga. Kalau dijaga, insya Allah juga mendukung penghasilan,” katanya.

Sutriyadi pun berkomitmen pihaknya akan terus menggerakkan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat untuk melayan pesisir di wilayah Jatim. Dia berharap kegiatan itu dapat konsisten berlanjut.

“Untuk kegiatan selanjutnya kami akan ada di daerah Jember dan tentu di kota-kota lainnya. Di Jember kita akan mengadakan kegiatan dengan tema konservasi ekosistem laut dengan menanam bibit pohon mangrove,” pungkas dia.

Dalam kesempatan itu, Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Dukung Ganjar juga memberikan bantuan box ikan dan tong sampah kepada nelayan pesisir Kabupaten Banyuwangi. Bantuan tersebut diharapkan bermanfaat untuk menunjang pekerjaan para nelayan. (her/red)

Komentar