Joki Perempuan Warnai Jalannya Festival Jaran Serek 2023, Aksinya Sukses Pukau Penonton

News, Budaya, Wisata885 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com-Salah satu Kuda asal Desa Lebeng Timur, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep sukses menarik perhatian warga di pagelaran festival jaran serek 2023 yang digelar oleh Pemkab Sumenep.

Disamping dandanannya yang cantik, kuda berjenis kelamin jantan ini juga piawai berjoget di sepanjang rute Lapangan giling sampai finis depan Labeng Mesem Keraton Sumenep.

IMG20230527095739 scaled

Dengan diiringi musik tradisional saronen, menambah “kegilaan” Tiga kuda ini yang di dampingi langsung oleh joki perempuan.

“Kita bawa tiga kuda mas dalam festival ini, yakni kuda dengan nama Gentar Alam, Sinar Alam dan Putra Alam,” jelasnya singkat kepada media seputarjatim.com.

Salah satu peserta kuda Serek 2023 Sumenep
Foto: Salah satu peserta kuda Serek 2023 Sumenep

Sebelumnya, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kelompok budaya yang telah menunjukkan keinginan kuat untuk melestarikan tradisi Jaran Serek ini.

Baca Juga :  Program PISEW 2022 Selesai, Disperkimhub Sumenep Gelar Pertemuan Kecamatan II

“Insya Allah Festival Jaran Serek akan terus masuk dalam Calendar of Event Sumenep di tahun-tahun mendatang,” ucap suami Nia Kurnia yang juga politisi dari partai PDI-P.

Terakhir, Bupati Fauzi mengimbau agar masyarakat kabupaten Sumenep untuk terus melestarikan setiap kesenian tradisional yang ada di Sumenep, termasuk Jaran Serek, agar tetap bisa diwariskan kepada generasi mendatang.

Baca Juga :  Melindungi Habitat Kakatua Jambul Kuning Mini di Pulau Masakambing

“Mari kita lestarikan bersama kesenian tradisional ini agar anak cucu kita bisa juga menikmati hiburan ini,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi festival, Beragam pertunjukan seni tradisional ditampilkan dalam event ini mengawali festival jeran serek yang digelar Pemkab Sumenep. Mulai dari Tari Gambu, Tari Topeng, dan atraksi kuda. (Bam)

Komentar