Wujudkan Reformasi Sistem Pertanian, Kadis Pertanian Sumenep Dorong Petani Padi Agar Saling Koordinasi dangan PPL

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Dinas Pertanian Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong petani padi agar saling koordinasi dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Chainur Rasyid, mengekspresikan keprihatinan terhadap tantangan yang dihadapi oleh para petani padi di daerahnya masing-masing.

“Seharus petani menciptakan kemitraan yang lebih erat antara petani padi dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL),” katany, Kamis (30/5/24).

Baca Juga :  Meski Telan Ratusan Juta, Wisata Alam Somber Rajeh Bakal Jadi Tonggak Kemajuan Desa Rombiya Timur

Ia juga menyadari, kompleksitas masalah seperti penurunan produktivitas dan ketahanan iklim yang lemah seperti perubahan cuaca saat ini.

Maka dengan itu, kata dia, dengan koordinasi yang baik, nantinya dapat terwujud reformasi yang signifikan dalam sistem pertanian, membawa dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan petani.

“Sebagai solusi terbaik, petani tetap mengadopsi pendekatan berkelanjutan dalam pengelolaan sumber daya, termasuk penggunaan pupuk yang bijaksana atau maksimal,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dua Kiyai di Sumenep Daftar Bacabup, Siap Bersaing di Pilkada Serentak 2024

“Dengan demikian, tidak hanya produktivitas pertanian yang akan meningkat, tetapi juga keberlanjutan ekologis dan ekonomis sektor pertanian akan terjamin,” pungkasnya. (Sand/EM)

*

Komentar