Dua Kiyai di Sumenep Daftar Bacabup, Siap Bersaing di Pilkada Serentak 2024

Politik19 Dilihat

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Dua kiyai di Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi mendaftar sebagai calon bupati (Cabup) di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) setempat.

Dalam upaya memajukan Sumenep, dua kiyai itu yanki, Unais Ali Hisyam dan Ali Fikri, mengusung tagline “Sumenep Baru, Sumenep Maju”.

Kedua tokoh tersebut, yang tumbuh dan berkembang di kalangan nahdliyin, kiyai Unais panggilannya, seorang kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Kiyai Fikri akrabnya, juga menjabat sebagai Ketua DPC PPP Sumenep, mengikuti jejak pemimpin terdahulu dalam mewujudkan visi “Sumenep Baru, Sumenep Maju”.

“Kami memiliki historis yang sama, pernah satu lembaga bahkan sekamar di Pesantren Tebuireng,” kata Kiyai Fikri. Selasa (28/5/24).

Baca Juga :  Profil Lengkap Nur Faizin, Dilantik PBNU sebagai Ketua PP GP Ansor Periode 2024-2029

Menurutnya, kemajuan Sumenep tidak dapat tercapai jika hanya dipimpin oleh satu kekuatan politik, seperti dominasi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

“Kalau kepemimpinan tunggal itu tidak bagus,” ucapnya,

Sementara itu, Kiyai Unais menegaskan, bahwa Sumenep membutuhkan pembaharuan dalam dinamika demokrasi serta perubahan yang substansial.

Dengan demikian, ia pun secara bersama-sama mengadvokasi pentingnya transformasi dalam tata kelola politik Sumenep untuk masa depan yang lebih baik.

“Alasan saya mendaftar ke PPP karena memiliki garis keinginan yang sama, yakni perubahan,” tandasnya.

Baca Juga :  Ribuan Anggota PPS Pilkada Serentak 2024 di Sumenep Resmi Dilantik

Diketahui, keseriusan kedua tokoh ini dalam mengadvokasi perubahan terlihat melalui langkah-langkah konkret, termasuk pendaftaran ke beberapa partai politik.

Keduanya, telah mendaftar sebagai calon Bupati ke partai seperti PKB, Demokrat, Nasdem, dan PDI Perjuangan.

Meskipun demikian, belum dapat dipastikan apakah keduanya akan mendapatkan rekomendasi dari pengurus pusat partai untuk maju sebagai Calon Bupati atau Calon Wakil Bupati pada Pilkada 2024 mendatang. (Sand/EM)

*

Komentar

Post Terkait