oleh

Atasi Kesulitan Air, ESDA Pemkab Sumenep Bangun Rumah Pompa

SUMENEP, seputarjatim.com- Bagian ESDA Pemkab Sumenep membangun rumah pompa di Desa Beraji, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep. Pengeboran ini menjadi program nasional yang pelaksanaannya dikawal langsung pemerintah daerah.

Rumah Pompa dibangun di wilayah pesantren, mengingat kebutuhan air para santri sangat tinggi.

“Di tahun 2020 ini kita melaksanakan satu kegiatan pengeboran. Ini dilaksanakan oleh Badan Geologi Bandung. Sekarang sudah beroperasi,” kata Andi Suprapto, Kasubag SDA Pertanian, Perikanan dan Kelautan, Selasa, 24/11/2020.

Menurut Andi, pada tahun 2019 lalu pihaknya telah menerima dua paket program pembangunan rumah pompa. Namun di tahun ini jumlahnya menurun menjadi satu paket pekerjaan.

“Yang tahun 2019 lalu kita membangun dua rumah pompa di Pondok Pesantren Al Amin, Prenduan. Yang sekarang ini kita bangun di Pondok Pesantren Al Karimiyah, Beraji, Kecamatan Gapura, Sumenep,” imbuhnya.

Menurut data di Kantor ESDA Kabupaten Sumenep, kekeringan menjadi masalah sebagian warga yang tinggal di pedalaman. Diharapkan pembangunan rumah pompa akan meringankan dan memudahkan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat kepada santri di Sumenep. Selain itu masyarakat sekitar juga dapat ikut memanfaatkannya,” pungkas Andi. (Mg4/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *