Bijak Berinternet dan Bermedia Sosial, KMI Dan Kominfo Gelar Ngobrol Bareng Bersama Komunitas Petani

News, Peristiwa, Politik495 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com-Di era saat ini, teknologi informasi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, tidak mengenal usia, dari sejak balita hingga dewasa semua serba bergantung terhadap yang namanya internet.

Atas dasar itulah, Dinas Komunikasi Dan Informatika menggelar kegiatan ngobrol bareng bersama komunitas petani yang ada di Desa Babbalan, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep dengan tema “Bijak Menggunakan Internet”. Senin (26-6-2023)

Ketua KMI dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Teknologi informasi semakin berkembang terlebih dengan hadirnya internet dan media sosial. Di era tersebut, setiap orang akan banyak berselancar di media maya untuk berbagai kepentingan, termasuk para petani.

P IMG 20230626 WA0090

“Di era digital. Petani kita perlu mengerti memanfaatkan dunia digital untuk memasarkan hasil produknya,” ucap Edi Homaidi.

Baca Juga :  Wabup Fauzi Sambut Kedatangan Jamaah Haji Asal Sumenep

Sementara itu Kepala Diskominfo Sumenep Ferdiansyah Tetrajaya sebagai narasumber pertama menyampaikan, keberadaan media sosial sangat membantu memperoleh informasi dan memasarkan produk.

“Saya berharap Kelompok Tani yang ada di Desa Babbalan bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi di era digital untuk meningkatkan hasil produksi pertaniannya,” terangnya.

Sementara itu, Andilala yang didapuk sebagai narasumber kedua menyampaikan pentingnya berkomunikasi secara efektif dan bertanggung jawab melalui media sosial.

“Komunikasi di era digital bisa efektif asal mengerti cara menggunakannya. Lewat acara ini kita bisa membagi pengalaman dalam berkomunikasi di era digital,” terang pria yang juga menjabat sebagai praktisi literasi digital.

Sesi ketiga dilanjutkan oleh Rofiatur Rofiah, yang mengajak pengguna media sosial untuk terlihat aktif memberikan manfaat untuk diri sendiri dan bisa menghasilkan uang dari kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Deklarasikan Dukungan kepada Ganjar Pranowo, Komunitas Mlijo di Malang Berharap Ada Program Khusus Pedagang Sayur

“Sebagai petani, jangan putus asa. Manfaatkan dunia digital untuk mencari informasi dalam meningkatkan produksi pertaniannya,” pesannya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Babbalan menyambut baik adanya kegiatan cakap digital yang digelar KMI dan Kominfo untuk mencerdaskan warganya. Namun, Mistur berharap adanya perhatian dari Kominfo untuk lebih memasifkan jaringan internet di desanya.

“Kami berharap ada tambahan tower pemancar di dusun-dusun Babalan. Karena jaringan internet belum maksimal. Kami ingin semua warga saya bisa menikmati internet gratis,” tutur Mistur singkat.

Sekedar untuk diketahui, acara Ngobrol Bareng bersama Komunitas Petani ini tersebut dilaksanakan 35 titik se Madura, sedangkan untuk Kabupaten Sumenep kebagian 20 titik. (Bam)

Komentar