oleh

Jelang Pilkades 2019, DPMD Gelar Uji Kepemimpinan

SUMENEP, seputarjatim.com– Dinas Pemberdayaan Mayarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menggelar ujian kepemimpinan bakal calon kepala desa tahun 2019 di Islamic Center Bindara Saod, Rabu, 02/10/2019.

Acara ini diikuti bakal calon kepala desa baik dari wilayah daratan dan kepulauan. Acara dimulai dari jam 8 hingga penyerahan hasil ujian dari pihak ketiga kepada Panitia Pemilihan.

Rangkaian acara dimulai dengan tes tulis dan ujian wawancara yang dibagi menjadi tiga sesi wawancara. Setiap desa yang mempunyai calon lebih dari 5 orang, maka panitia pemilu desa wajib mendampingi desanya. Salah satu desa yang memiliki jumlah calon lebih dari 5 orang adalah Desa Pagarbatu, dengan jumlah 11 calon, dan Desa Lalangon dengan jumlah 6 calon.

“Pendamping dari desa ini bertugas untuk mengawal jalannya ujian para peserta calon kepala desa yang nantinya hasil tersebut akan diberikan oleh pihak ketiga kepada ketua panitia, ketua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa (Pemdes). Pihak ketiga pada kali ini dari Universitas Merdeka Malang,’’ kata Habib, panitia Pilkades Lalangon.

Pendampingan ini sengaja dilakukan, karena desa yang memiliki calon lebih dari 5 memiliki jadwal test tambahan dari BPMD.

“Peserta yang kurang dari lima orang itu tidak ada ujian tambahan, sedangkan yang lebih dari jumlah itu akan melalui uji tambahan yaitu uji kompetensi,” ujar Erfandi sebagai Ketua Panitia Penerima Pendaftaran Calon Kepala Desa Pagarbatu. (Far/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *