Puluhan Anggota Satlantas Polres Sumenep Amankan Jalannya Festival Jaran Serek

News, Peristiwa635 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com-Sat Lantas Polres Sumenep bersinergi bersama unsur terkait lainnya melaksanakan pengamanan Festival jaran serek atau kuda menari 2023. Sabtu (27-05-2023).

IMG20230527092034 scaled

Dalam kegiatan tersebut, personel satlantas polres Polman melaksanakan pengamanan, pengaturan dan rekayasa arus Lalu Lintas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang antusias menyaksikan festival saiyang pattuqduq serta dilakukan himbauan masyarakat agar selalu patuh dan tertib berlalu lintas saat beraktfitas.

IMG20230527090040 scaled

“Ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas, yang ditimbulkan festival kuda menari, karena memakai jalan kabupatrn sebagai jalur iring-iringan peserta festival,” ucap Kasatlantas Polres Sumenep AKP Alimuddin Nasution.

Baca Juga :  Kontraktor Jambul Kuning

Sekedar informasi, Festival Jaran Serek ‘Kuda Menari’ ini merupakan bagian dari salah satu rangkaian kegiatan pada Calendar Event Sumenep 2023 Masa Kejayaan yang diselenggarakan pemerintah daerah yang digagas Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep.

“Para peserta festival Jaran Serek ‘Kuda Menari’ ini, harus menampilkan kreasi yang atraktif dan kreatif dalam menampilkan aksi kudanya, untuk menarik perhatian masyarakat yang menyaksikan di sepanjang rute mulai start hingga finish,” terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Baca Juga :  Sopir Ambulance : Terima Kasih, Memberi Kami Jalan!

Bupati Sumenep Achmad Fauzi ingin melalui kegiatan festival ‘Kuda Menari’ ini mampu mempertahankan dan memelihara seni budaya Jaran Serek, karena di era saat ini, perubahan masyarakat tidak hanya pola pikirnya saja, melainkan juga tentang selera budaya dan seni mengalami perubahan.

“Seluruh elemen harus bersama-sama mempertahankan seni budaya warisan leluhur, agar masyarakat tidak melupakan budayanya, sehingga mempunyai kepedulian untuk melanjutkan keberadaannya di era apapun,”pungkasnya. (Bam)

Komentar