Ratusan Anggota Pramuka Popes Al-Amien Prenduan Ikut KMD 2024

Pendidikan43 Dilihat

SUMENEP, SEPUTARJATIM – Sebanyak 267 anggota Pramuka Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) tahun 2024.

Diketahui, kegiatan KMD tidak hanya diikuti dari Ponpes Al Amien sendiri, namun juga diikuti peserta dari  kabupaten Sampang. Kegiatan KMD akan berlangsung selama 6 hari, mulai tanggal 31 Mei hingga 5 Juni 2024 mendatang.

Pengasuh TMI Ponpes Al Amien Prenduan, Ghozi Mubarok Idris mengungkapkan, kegiatan Pramuka di Ponpes Al Amien merupakan kegiatan wajib bagi santri.

Sebab, kata dia, kegiatan Pramuka diakui memiliki peran penting dalam pembinaan karakter bangsa, sehingga santri juga memiliki kualifikasi tertentu seperti mengikuti KMD yang diwajibkan bagi santri sebelum terjun ke masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Resmi Buka Pekan Seni Madura VIII Sanggar Lentera

“Ketika nantinya mereka sudah lulus dan terjun ditengah-tengah masyarakat, tentunya mereka siap menjadi pemimpin dengan kualikasi seorang pembina Pramuka yang profesional,” katanya, Minggu (2/6/2024).

Diakui pula jika kegiatan Pramuka menjadi kegiatan wajib diikuti secara konsisten. Bahkan, para pendahulu pengasuh Ponpes Al Amien sangat mendukung kegiatan Pramuka, karena dalam kegiatan kepramukaan juga menanamkan nilai-nilai spiritual dan kedisiplinan.

“Syukurlah disini juga sudah banyak yang mengikuti berbagai jenjang kursus kepramukaan, antara lain KMD, KML, KPD bahkan KPL, sehingga kedepan Pramuka di Ponpes Al Amien terus maju dan berkembang,” ujarnya.

Sementara Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, yang diwakili Ketua Harian, Sirad Aidy, mengungkapkan jika Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, sejak lama eksis menggelar berbagai kegiatan kepramukaan, khususnya kegiatan KMD yang dilaksanakan setiap tahun.

“Melalui kegiatan KMD yang dilaksanakan bagi para santri ini diharapkan dapat menjadi pemicu untuk terus semangat melaksanakan kegiatan Pramuka di masa mendatang,” bebernya.

Baca Juga :  Dianggap Tak Berlebihan, Budayawan Sumenep Sambut Baik Surat Edaran Bupati, ASN Laki-Laki Harus Kenakan Peci Hitam di Bulan Bung Karno

Bahkan, ia mengaku jika selama ini Ponpes Al-Amien sudah banyak mencetak para pembina Pramuka melalui kursus kursus kepramukaan dan mereka juga sudah banyak m bangabdikan dirinya sebagai pembina Pramuka di berbagai lembaga pendidikan.

Untuk diketahui, dalam kegiatan itu Ketua Pusdiklacab Aryawiraraja Kwarcab Sumenep, Hasanudin, menyerahkan Bendera Tunggul Latihan diserahkan kepada pimpinan kursus Muslih Wahed, sebagai pertanda kegiatan Kursus dimulai. (EM)

*

Komentar