oleh

Sulit Urus KTP, Mahasiswa Kepulauan Demo Kantor Dispendukcapil

SUMENEP, seputarjatim.com Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Forum Kepulauan melakukan demontrasi didepan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat, 11/10/2019. Mereka mengkritisi buruknya layanan kependudukan di kantor setempat.

Muhammad Safi, korlap aksi mengatakan, pelayanan Dispendukcapil Sumenep masih menyulitkan masyarakat kepulauan. Pembuatan KTP dan surat surat kependudukan lain belum dapat ditangani secara baik. Terlebih, untuk mengurus dokumen tersebut setiap warga harus datang langsung ke kota Sumenep.

“Ada kebijakan SOP yang tidak dipublikasi disdukcapil. Untuk mengurus dokumen kependudukan tidak memperbolehkan surat kuasa. Ini kan menambah sulit kita yang harus menyeberang ke daratan. Tolong pahami itu, kata Safi kepada wartawan.

Abdul Basid, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sumenep mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan langkah-langkah terbaik untuk daerah kepulauan.

“Dalam sistem pemerintahan ada aturan teknis yang harus ditaati,” imbuhnya

Dalam demo ini, Abdul Basid diminta untuk menendatangai surat pernyataan komitmen untuk mempermudah pengurusan dokumen kependudukan warga kepulauan.

“Saya Abdul Basid dengan ini siap dan terbuka terhadap masukan yang disampaikan hari ini,” pungkasnya. (far/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *