oleh

Belajar ke Batu, AJS Siap Kembangkan Wisata di Kota Sampang

BATU, seputarjatim.com- Wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS), Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur, melakukan studi banding ke kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, Jl Sultan Agung 7 B, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Sabtu, 14/12/2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempelajari tehnik dan metode pengembangan potensi wisata yang dilakukan Pemkot Batu. Para awak media Kota Bahari ini berencana, untuk dapat mengaplikasikannya di Kota Sampang.

Kamaluddin, Ketua AJS mengatakan, pihaknya memilih Kota Batu karena memiliki potensi wisata yang sangat beragam mulai dari wisata alam dan lingkungan yang mendukung. Dengan mempelajari manajemen pengelolaan wisata, menurut Kamal akan menjadi panduan dalam mengawali pengembangan wisata di Kota Sampang.

“Sesuai dengan keinginan Pemerintah Kabupaten Sampang sekarang ini yang ingin mengembangkan sektor wisata, dan kami siap membantu keinginan pemerintah itu melalui media yang ada di Kabupaten Sampang”, ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu, Imam Suryono mengatakan, untuk mengembangkan sebuah destinasi wisata dibutuhkan sikap ingin maju bersama antara masyarakat dan pemerintah daerah.

“Untuk bisa menjadi destinasi wisata, yang perlu dipikirkan soal anggaran dan promosikan potensi wisata itu baik, melalui media online maupun cetak. Agar dengan adanya pemberitaan itu wisatawan baik dari luar daerah setempat bisa mengetahui adanya wisata di daerah”, tuturnya.

Ia menambahkan, untuk promosi wisata tersebut pihaknya perlu bekerjasama dengan media.

“Dengan promosinya yang bagus, wisata itu akan banyak pengunjungnya dan lambat laun juga akan memberikan dapak positif ke suatu daerah. Termasuk meningkatnya taraf ekonomi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi wisata itu,” pungkas Imam Suryono. (ros/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *