Berdayakan UMKM, Pemkab Sumenep Gelar Bazar Takjil Selama Bulan Ramadhan

SUMENEP, seputarjatim.com -Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Bazar takjil Ramadhan 1444 H yang terselenggara di lapangan kesenian gotong royong Kelurahan Pajagalan.

Achmad Fauzi dalam keterangan persnya mengatakan, pihaknya melaksanakan Bazar Takjil Ramadhan sebagai upaya menggerakkan perekonomian mikro. Kegiatan ini (diselenggarakan) demi membantu masyarakat, sekaligus menyediakan kebutuhan berbuka puasa.

Ia menjelaskan, tempat pelaksanaan kegiatan Bazar Takjil Ramadhan 2023 memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Bazar Takjil Ramadhan (bertempat) di LKS Gotong Royong agar kegiatan yang direncanakan selama Ramadhan tidak mengganggu masyarakat pengguna jalan umum,” jelas Achmad Fauzi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, terdapat berbagai produk yang dijajakan pelaku UMKM di LKS Gotong Royong, antara lain makanan ringan, minuman segar, lauk pauk, sayuran, gorengan hingga kue tradisional khas Kabupaten Sumenep.

Baca Juga :  Dikeluhkan Warga, Trotoar Depan Pasar Lenteng Berubah Fungsi Jadi Lapak Pedagang

Achmad Fauzi berharap, Bazar Takjil Ramadhan dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM.

“Semoga dengan bazar takjil ini pemberdayaan ekonomi benar-benar bermanfaat bagi pedagang atau UMKM, termasuk masyarakat yang ingin membeli menu makanan favorit untuk berbuka puasa,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Diskop UMKM dan Perindag Kabupaten Sumenep Chainur Rasyid menuturkan, bazar takjil ini bertujuan agar ekonomi masyarakat khususnya pelaku UKM kembali pulih pasca Pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Sambut Pra Musyda Ke 14, PDPM Sumenep Gelar Seminar Kepemudaan

“Selama bulan puasa, bazar takjil ini akan dibuka untuk masyarakat umum,” tuturnya, Selasa (21/03/2023).

Pelaksanaan Bazar Takjil ini, kata Chainur, akan dimulai sejak awal Ramadan,

Kat dia, jika sudah ada pengumuman dari Pemerintah Pusat mengenai hari pertama puasa, pihaknya akan langsung mengeksekusi.

“Silahkan masyarakat yang ingin menyiapkan buka puasa nanti bisa mengunjungi bazar takjil yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB hingga sebelum buka puasa tiba,” terangnya.

Bazar takjil diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Pada bazar takjil tersebut akan menyediakan berbagai kuliner sebagai menu buka puasa,” tandasnya.(bam)

Komentar