Dikeluhkan Warga, Perawat Ponkesdes Desa Jambu Kosong

Kesehatan82 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Sudah hampir satu bulan Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep, Madura dibiarkan kosong, hal itu dikarenakan perawat Ponkesdes yang lama mengundurkan diri pasca terpilih sebagai kepala desa.

Dayat salah satu warga setempat mengatakan, di desanya saat ini ada Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) yang gedungnya berdempetan dengan balai desa, Tapi sayangnya, Ponkesdes ini tidak melakukan pelayanan sebagai mana mestinya dikarenakan tidak adanya tenaga medis yang bertugas disana.

 “Itulah yang saya ingin tahu apa kendala pihak terkait (Dinkes,Red) sehingga sampai saat ini Ponkesdes disini dibiarkan kosong tanpa adanya petugas medis,” ucapnya.

Masih kata dayat, kehadiran Ponkesdes memiliki arti penting dan sangat dibutuhkan masyarakat. Program yang dibentuk berdasarkan instruksi Gubernur itu, memang terbukti menjadi satu-satunya layanan kesehatan di Desa, terkait permasalahan kosongnya perawat ponkesdes di desa jambu harus secepatnya di carikan solusi.

Baca Juga :  Dinkes Pacitan: 957 Pasien Terjangkit Hepatitis A

“Saya mewakili masyarakat desa jambu, kami berharap penuh  tenaga medis perawat segera mungkin ditugaskan ke desa kami. Seperti yang saya dengar dari warga, saat ini banyak keluhan dari warga yang biasanya berobat di desa harus ke puskesmas atau desa terdekat untuk mendapatkan layanan kesehatan,” tuturnya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa Jambu H. Benny Wahyudi membenarkan jika Ponkesdes di desanya  sudah sekitar satu bulan kosong dikarenakan perawat yang bertugas di desanya masih kosong, sedangkan terkait permasalahan ini dirinya mengaku sudah berkirim surat ke Puskesmas Lenteng untuk dicarikan solusinya.

Baca Juga :  Cegah Corona, Pemdes Sidogembul Gelar Penyemprotan Desinfektan

 “Sudah hampir 1 bulan, petugas kesehatan yang bertugas di Ponkesdes di desa kami kosong,” ucapnya.

Lanjut Benny sebagai Kepala Desa, dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep yang dalam hal ini Dinas Kesehatan selalu leading sector dapat segera menempatkan tenaga kesehatan di desanya mengingat masalah kesehatan ini merupakan kepentingan dasar.

 “Untuk berobat saat ini warga kami terpaksa ke puskesmas terdekat ” tutupnya.

Sementara itu, drg. Dela  Maulana Ansyari selaku Kepala Puskesmas Lenteng saat di konfirmasi melalui aplikasi WhatsAap nya mengatakan bahwa, pihaknya sudah mengirim surat balasan kepada kepala jambu terkait masalah Ponkesdes desa Jambu yang saat ini perawatnya masih kosong.

“Surat permohonan ke Dinas Kesehatan juga sudah saya buat, tinggal nunggu balasan dari Dinkes,” Singkatnya. Sabtu (29-01-2022) (Bam)

Komentar