News

IWO Gelar Lomba Pidato Ala Bung Karno, Pegawai BKPSDM Sumenep Raih Juara 1

70
×

IWO Gelar Lomba Pidato Ala Bung Karno, Pegawai BKPSDM Sumenep Raih Juara 1

Sebarkan artikel ini
20240630 112821 scaled
BAHAGIA: Para juara lomba pidato Ala Bung Karno

SUMENEP, Seputar Jatim –  Yohanes Iwan Hari Prasetyo, berhasil menjadi juara 1 pada Lomba Pidato Ala Bang Karno yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Diketahui, Yohanes Iwan Hari Prasetyo, merupakan peagawai di Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumenep.

Yohanes mengaku, prestasi tersebut tentu tak hanya membawa kabar gembira pada instansinya, tetapi juga sebagai contoh kepada para anak muda, untuk terus mengukir prestasi dalam bidang apapun.

“Tentunya perasaannya sangat senang, dan ini juga menginspirasi anak-anak muda, khususnya anak-anak saya agar senantiasa berprestasi dalam segala hal,” tuturnya, saat ditemui usai menerima penghargaan lomba Pidato Ala Bung Karno, di Pendopo Keraton Sumenep, Minggu (30/6/2024).

Baca Juga :  PDN Kena Serangan Ransomware, Kinerja Budi Arie di Kominfo Dipertanyakan Formapera: Anggaran Rp4,9 Triliun untuk Apa?

Ia lun sangat antusias dengan event yang diselenggarakan IWO Sumenep. Apalagi, kata dia, tahun ini ada penambahan kategori dari sebelumnya.

“Alhamdulillah saya sebagai peserta sangat mengapresiasi. Untuk tahun lalu kan hanya ada lomba puisi, sedangkan sekarang sudah ditambah lagi dengan pidato,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sukses memeriahkan momen Juni yang merupakan bulan sang proklamator, Soekarno.

Tak hanya itu, ia menilai apa yang dilakukan IWO Sumenep juga merupakan langkah positif untuk mengenalkan sosok sang patriot bangsa tersebut, kepada para kaula muda.

“Ini sangat penting untuk generasi muda ke depan, karena pada dasarnya pemuda harus ingat jasa-jasa pahlawan yang telah memerdekakan kita semua, salah satunya dengan rangkaian kegiatan ini,” lanjutnya.

Baca Juga :  Achmad Fauzi Wongsojudo Ikut Baca Puisi Usai Buka Lomba Baca Puisi Karya Bung Karno yang Digelar IWO Sumenep

Lebih jauh ia mengungkapkan, telah melakukan banyak persiapan untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut. Mulai dari mempersiapkan materi, hingga mencari refrensi penampilan Bung Karno saat berpidato

“Ya jelas karena kemarin kan lomba pidato ini harus mirip dengan Bung Karno, artinya Kita juga harus belajar mencari literatur baik buku maupun media yang sekiranya itu mengena dengan tema,” tambahnya.

Melalui persiapan itu, kata Yohanes, dirinya seperti merefresh kembali ingatannya akan sosok sang pahlawan, yang pidato-pidatonya selalu menggugah para pendengarnya.

“Mengulang kembali memori-memori dari pidato-pidato Bung Karno dan ini bukan hanya hanya belajar tapi untuk menggairahkan ilmu, agar kita benar-benar teringat ke jasa pahlawan,” ucapnya.

Ia berharap, ke depan kegiatan tersebut tidak hanya lokal, tetapi sudah berskala nasional, sebagaimana yang disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo saat pembukaan acara. Hal tersebut, tentu bisa mempengaruhi sektor-sektor lain, seperti pariwisata.

“Agar destinasi wisata juga tergerak, pekan seni juga selalu ditingkatkan di Kabupaten Sumenep,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Penitia Pelaksana Lomba, Syarif Hidayatullah, mengaku sangat berterimakasih kepada para peserta yang telah memeriahkan lomba Pidato Ala Bung Karno 2024.

“Saya bangga, meski pada pelaksanaan ini ada banyak OPD yang tidak ikut memeriahkan lomba ini. Padahal sudah ada surat edaran dari pak Sekda,” ujarnya.

“Padahal, acara lomba ini akan digelar setiap tahunnya,” tutupnya. (EM)

*

Tinggalkan Balasan