Jelang Bulan Suci Ramadhan, Warga Desa Jambu Gelar Rokat Bumi

Budaya105 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, puluhan warga Dusun Nangger, Desa Jambu, Kecamatan Lenteng, Kabupaten Sumenep menggelar acara Rokat Bhumi di dekat buju’ Palanggeren.

Sesepuh kampung setempat mengutarakan, rokat bhumi atau rokat desa itu rutin digelar setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan. Harapannya, mendapat keberkahan dan dilancarkan rejekinya oleh Allah SWT.

“Rokat ini sebagian ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki atas hasil tani atau hasil bumi lainnya,”ungkapnya, Kamis (24/02/2022).

Baca Juga :  Sugianto, Kolektor Ratusan Keris Kuno

Ditempat yang sama, Kepala Desa Jambu mengatakan, upacara Rokat Dhisa, atau dalam bahasa Indonesianya bisa diartikan sebagai sedekah bumi, merupakan kebudayaan adat istiadat yang terjadi secara turun temurun di sebuah desa.

“Rokat desa merupakan kegiatan masyarakat dalam melestarikan budaya yang sudah turun temurun, sebagai bentuk mensyukuri hasil bumi dan mendoakan agar hasil pertanian musim berikutnya tetap melimpah,” Papar H. Benny Wahyudi.

Baca Juga :  Cendet Madura, Langka dan Jadi Buruan

Masih kata Benny, pihaknya selaku pemerintah Desa jambu sangat mendukung kegiatan masyarakat dalam melestarikan kebudayaan adat istiadat, dan berharap kegiatan ini bisa di contoh oleh kampung lainnya di desanya.

“Jadilah masyarakat yang cerdas, ramah, dan santun. Cintailah dusunmu, jangan sampai masyarakat Dusun Nangger jadi orang asing di dusunnya sendiri. Rawat dan nikmati hasilnya, berdaya, dan berdaulat di atas tanah sendiri,” Pungkasnya. (Bambang)

Komentar