oleh

Kelenteng di Sumenep Bersiap Menyambut Imlek.

SUMENEP, seputarjatim.com– Pengurus kelenteng Pao Sian Lin Kong, di Kota Sumenep, Jawa Timur, mulai bersiap menyambut hari raya Imlek. Seno, pengurus Kelenteng mengaku, kegiatan membersihkan patung dewa telah dilakukan sejak seminggu terakhir.

“Itu sudah rutin dilakukan setiap tahunnya. Kita bersih-bersih semua areal Kelenteng. Termasuk patung Dewa juga kita sucikan,” terang Seno kepada wartawan, Kamis, 23/01/2020.

Tahun baru Imlek menurut Seno menjadi momen yang istimewa bagi warga keturunan Tiong Hoa. Saat Imlek, mereka berduyun-duyun kembali ke kampung halaman.

“Ibarat lebaran untuk warga Muslim. Kalau Imlek itu juga lebaran bagi kami. Kami beribadah, berwisata dan makan-makan sekeluarga,” imbuhnya.

Diperkirakan, ada sekitar 50 warga Tiong Hoa di Sumenep yang akan merayakan Imlek.

“Walaupun kami minoritas, kami tetap merasa aman dan nyaman merayakan Imlek disini. Apalagi lingkungan Kelenteng kan terletak di kampung toleransi. Disini ada gereja, masjid, dan Kelenteng yang berdiri berdekatan,” katanya.

Sementara itu untuk menjamin keamanan perayaan Imlek, Polres Sumenep telah melakukan sterilisasi Kelenteng. Puluhan anggota Sabhara diturunkan ke lokasi untuk mengecek keamanan di lingkungan Kelenteng.

“Ini kita lakukan sterilisasi Kelenteng. Nanti kita juga akan standby kan anggota didepan Kelenteng,” terang AKBP Deddy Supriadi kepada wartawan.

Polres Sumenep menurut Deddy mengimbau agar warga Sumenep dapat mendukung menciptakan suasana tenang bagi warga Tiong Hoa yang merayakannya. (dik/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *