Kerahkan Dua Kapal, Lantamal V Bantu Air Bersih Tiga Pulau di Sumenep

94
×

Kerahkan Dua Kapal, Lantamal V Bantu Air Bersih Tiga Pulau di Sumenep

Sebarkan artikel ini
air 1
Lantamal V Surabaya kerahkan dua kapal angkut tongkang berisi air untuk didistribusikan ke tiga Pulau di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Minggu, 03/11/2019. (Joe/ SJ Foto)

SURABAYA, seputarjatim.com Kemarau berkepanjangan menyebabkan masyarakat di Pulau Sapudi, Gili Genting dan Kangean, mengalami bencana kekeringan. Untuk membantu kesulitan ini, Lantamal V, Surabaya, mengerahkan dua Kapal TD Tambora dan TD Bromo untuk mengangkut tongkang berisi 250 ton air bersih ke 3 pulau tersebut.

“Sesuai perintah Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, kita telah menyiapkan dan memberangkatkan dua kapal kita untuk membawa bantuan air bersih untuk masyarakat di Pulau Kangean,  Gili Genting dan Sapudi,” terang Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, Minggu, 03/11/2019.

Sementara itu ditempat terpisah, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, mengatakan bahwa dampak musim kemarau panjang tahun ini telah dirasakan hampir seluruh masyarakat di Indonesia, termasuk di daerah Kangean,  Gili Genting dan Sapudi, Kabupaten Sumenep yang berada di wilayah kerja Lantamal V.

Baca Juga :  Pleci, Burung Berkacamata

“BMKG memprediksi musim hujan akan dimulai pada awal November ini, namun sampai hari ini hujan baru turun di beberapa wilayah dengan intensitas kecil, sehingga dampaknya masyarakat mengalami masa kekeringan yang panjang,” ujarnya.

air 2
Bantuan air bersih rencananya tiba di Pulau Sepudi, Sumenep, pada Senin, 04/11/2019. (Joe/ SJ Foto)

Satgas Bencana Alam Lantamal V yang di tugaskan melakukan distribusi air bersih  ke wilayah ini dipimpin Kapten Laut (P) Syaiful Ali (Pabandyalat Sops Lantamal V),  dengan tim gabungan dari Sintel, Sops, Dissyahal, Dispotmar, Disbek dan Dispen Lantamal V.

Baca Juga :  Dua Daerah di Jatim Masih Hijau, Gubernur Khofifah Minta Bupati Sampang dan Sumenep Berbagi Resep Rahasia

“Satgas Bencana yang akan bertugas mulai tanggal 3-8 November ini, diperkirakan tiba Senin, 04/11/2019 di Pulau Sapudi sebagai sasaran pertama penyaluran air bersih, setelah itu berlanjut ke Pulau Giligenting dan Kangean,” jelasnya.

Danlantamal V menegaskan bahwa Lantamal V sudah jauh jauh hari menyiapkan Satgas Penanggulangan Bencana yang bisa digerakan sesuai kebutuhan. Ia beberharap, melalui bantuan distribusi air bersih ini masyarakat di tiga pulau tersebut bisa terbantu dalam memenuhi air sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. (joe/red)

Tinggalkan Balasan