oleh

Kesal Bau Sampah, Warga Socah Bangkalan Tutup TPA

BANGKALAN, seputarjatim.com Tidak tahan dengan bau busuk sampah yang tercium hingga radius 150 meter, warga yang tinggal di sekitar tempat pembuangan akhir (TPA) Pemkab Bangkalan, yang terletak di Desa Buluh, Kecamatan Socah, menyegel dan melakukan penutupan paksa, Jumat, 21/02/2020. Massa juga melarang truk pengangkut sampah beraktifitas seperti biasa.

Syaiful Amri, Sekretaris Desa Buluh, Kecamatan Socah mengatakan, penutupan lokasi TPA dilakukan karena bau yang ditimbulkan telah meresahkan masyarakat sekitar. Selain itu, saat musim hujan seperti saat ini TPA tersebut memunculkan genangan air berwarnan ekat dan bau.

“Timbulnya bau yang dirasakan warga sekitar karena tidak ada pengolahan sampah di TPA Sejak Tahun 2005. Selama ini hanya ditumpuk dan dibakar. Dan pembakaran sampah ini kerap menganggu rumah dan tanaman warga,” ungkapnya.

Ia menegaskan, warga akan tetap menyegel TPA sampai pemerintah setempat turun tangan dan mengelola TPA dengan baik.

“Sampah yang ada harus dikelola dan tidak dibiarkan seperti sekarang yang menyebabkan bau menyengat dan sudah over load,” imbuhnya.

Sementara itu Hadari, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangkalan enggan berkomentar lebih jauh terkait penutupan TPA oleh Warga Socah. “Kami sanagt prihatin karena TPA itu merupakan Fasilitas Umum dan TPA itu satu-satunya yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah,” katanya. (mg5/red)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *