Demi Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Sumenep Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

News, Peristiwa, Politik355 Dilihat

SUMENEP, seputarjatim.com–Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumenep, Madura menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif di Hotel Utami Sumenep bersama media dan organisasi kepemudaan. Senin (7-11-2022) pagi. 

Mengambil tema “Peran Media Dan Kepemudaan Dalam Menyongsong Pemilu Serentak 2024” Acara sosialisasi ini menghadirkan tiga narasumber yakni Imam Syafi’i anggota Bawaslu Sumenep, Rafiqi, S. Hi anggota KPU Sumenep serta Juwairiyah Mawardi, M. Pd selaku pegiat literasi.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Sumenep menyebutkan, tanpa ada pengawasan partisipasi dari berbagai kalangan maka Bawaslu khususnya Bawaslu Kabupaten Sumenep tidak ada-apanya.

Baca Juga :  Momen Iduladha, Srikandi Ganjar Kurban Satu Ekor Kambing untuk Masyarakat di Kabupaten Malang

Oleh sebab itu, ia mengajak khususnya Teman-teman jurnalis maupun organisasi kepemudaan di Kabupaten Sumenep agar menjadi corong untuk ikut serta mensosialisasikan dan berpartsipasi aktif melakukan pengawasan menghadapi pemilu 2024.

“Masyarakat luas tidak akan tahu banyak terkait pengawasan partisipatif apabila tidak ada pemberitaan, maka dari itu kami dari Bawaslu Sumenep tanpa di support Teman-teman media tidaklah ada apa-apanya,” ucap Anwar Noris.

Lanjut Noris, Peran masyarakat dalam aspek pengawasan menjadi salah satu pertimbangan kesuksesan suatu penyelenggaraan Pemilu. Sehingga nilai demokrasi terjaga dan Pemilu benar-benar menghasilkan sosok yang bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :  PLT Camat Lenteng Monitoring Penggunaan Dana Desa di Desa Daramista

“Partisipasi publik sebagai nyawa dalam proses pengawasan. Maka itu dengan melibatkan banyak orang, mencegah potensi pelanggaran akan semakin maksimal,” Terangnya.

Terahir dirinya meminta pada semua pihak baik Organisasi Masyarakat (Ormas) hingga media massa untuk dapat terus bersama-sama membantu meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

“Mari bersama-sama kita sukseskan Pemilu 2024,”pungkasnya.

Usai sambutan Ketua Bawaslu Sumenep, acara sosialisasi tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh 3 narasumber yang dihadirkan oleh Bawaslu Sumenep. (Bam)

Komentar