Lestarikan Kakatua Abbotti, Sumenep Sabet Penghargaan Jantung Nusantara Jatim

Nasional, News125 Dilihat

Sumenep, seputarjatim.com- upaya pelestarian habitat Kakatua Jambul Kuning Mini di Pulau Masakambing, Kecamatan Masalembu, Sumenep, Jawa Timur, berbuah manis. Sebab dalam Festival Dewi Cemara 2023 beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan bergengsi untuk desa Masakambing dalam upayanya menjaga terpeliharanya destinasi wisata unik ini.

“Tentu sangat bangga dengan capaian ini. Bahwa Kabupaten Sumenep memiliki satu destinasi wisata unik yaitu Pulau Masakambing. Ini satu-satunya di Indonesia dan banyak masyarakat belum tahu. Dengan penghargaan ini, semoga mata dunia bisa mengerti jika ada sebuah pulau kecil bernama Masakambing yang menjadi habitat alami Kakatua Jambul Kuning Mini,” terang Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Selasa (07/11/2023).

20231107 135057
Penghargaan Desa Jantung Nusantara Masakambing yang diraih Pemkab Sumenep dalam Festival Dewi Cemara beberapa waktu lalu. (foto istimewa)

Di tahun 2024 mendatang, menurut Bupati yang akrab disapa cak Fauzi ini akan berkoordinasi dengan BKSDA Jawa Timur untuk bersinergi menjaga ekosistem fauna tersebut.

“Intinya kami juga bersemangat dalam menjaga dan kian menambah jumlah Kakatua di Masakambing,” imbuh Cak Fauzi.

Terpisah, Kepala Disbudporapar Sumenep Mohamad Ihsan mengaku akan membahas pengelolaan desa wisata Masakambing sebagai prioritas di tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah menggandeng masyarakat lokal agar bisa sejalan dengan program pemerintah.

“Ada 10 desa di Jatim yang mendapat penghargaan Desa Wisata Jantung Nusantara. Salah satunya adalah Desa Masakambing. Ini jadi pelecut di kami untuk lebih serius mengkampanyekan wisata alam tersebut ke masyarakat luas. Bisa melalui promosi, agar meningkatkan jumlah kunjungan wisata kesana,” kata Kadisbudporapar Sumenep Mohamad Ihsan di kantornya, Selasa (07/11/2023).

Baca Juga :  Melindungi Habitat Kakatua Jambul Kuning Mini di Pulau Masakambing

Dalam Festival Dewi Cemara Jawa Timur 2023, Kabupaten Sumenep sukses menjadi tuan rumah dan dinobatkan sebagai fasilitator terbaik ajang pariwisata tahunan Jawa Timur.

“Alhamdulillah ada sekitar 30 stand Kabupaten dan Kota di Jawa Timur yang dibuka di lokasi acara. Jumlah masyarakat yang terlibat juga banyak sampai tembus 1000 penonton. Ini yang menjadi pertimbangan Jawa Timur dalam menobatkan Sumenep sebagai fasilitator terbaik Festival Dewi Cemara,” terang Kabid Pariwisata Disbudporapar Sumenep Andrie Zulkarnain. (far/red)

Komentar